Selasa, 10 Desember 2013

Dampak Positif dan Negatif menggunakan Jejaring Sosial



DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF JEJARING SOSIAL
Teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang dimaanfaatkan untuk mengolah data menemukan, mengolah, menyusun, menyimpan serta memanipulasi dengan berbagai cara untuk dapat menghasilkan informasi yang berkualitas, relevan serta siap saji pada waktu yang ditentukan. Teknologi ini adalah menggunakan seperangkat komputer yang digunkan untuk mengolah data, sistem jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya, dan teknologi telekomunikasi yang digunakan agar data dapat disebarkan dan diakses secara global.
Situs jejaring sosial yang marak belakangan ini seperti facebook, twitter, path, google plus, dll. merupakan produk-produk teknologi yang kini sedang digemari banyak kalangan termasuk anak-anak dan remaja. Dengan layanan ini kita dapat berkomunikasi dengan teman lama, memperluas jaringan pertemanan, ataupun sekedar mengetahui keadaan atau status teman atau kerabat.

Dampak negatif yang ditimbulkan jaringan media sosial :

1. Bahaya  penipuan 
Banyak sekali kasus penipuan yang terjadi di jaringan media sosial. Jadi, anda tidak boleh langsung percaya jika seseorang yang tidak dikenal menawarkan suatu barang, jasa, dll

2. Tidak semua pengguna jaringan media sosial bersifat baik dan sopan
Mungkin bersifat kasar/tidak sopan, jelas sangat berbahaya untuk anak-anak. Karena biasanya mereka meniru kata-kata atau kalimat yang tidak sopan dan tentunya tidak patut mereka tiru.

3. Mengganggu kehidupan
Karena jaringan media sosial bisa mengurangi komunikasi anda dengan dunia nyata seperti orang sekitar, lingkungan, dan yang lainnya. Masih banyak ko kegiatan yang bisa dilakukan tanpa perlu mengorbankan orang-orang sekitar kita

Dampak positif menggunakan jaringan media sosial :

1. Tempat untuk memperluas pertemanan
Banyak pengguna jaringan media sosial yang bisa anda jumpai sehingga bukanlah hal yang sulit untuk mendapatkan banyak teman di jaringan media sosial.

2. Sebagai media komunikasi
Jaringan media  sosial tentunya juga bisa anda gunakan sebagai media komunikasi yang sangat bagus untuk berkomunikasi dengan orang dalam negeri maupun luar negeri.


 
Itulah dampak negatif dan positif jaringan media sosial yang sering digunakan. Maka berbijaklah dalam ber sosial di dunia internet ini.

Refrensi:
http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/dmnm/1308-dampak-sosial-media-bagi-kehidupan 
http://www.bimbingan.org/dampak-jejaring-sosial-di-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar