Selasa, 14 Mei 2013

INSTALASI APACHE WEB SERVER MENGGUNAKAN APACHE HTTP SERVER PADA LINUX FEDORA



KATA PENGANTAR

          

Assalammu’alaikum Wr.Wb.

            Puji serta Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah – Nya serta shalawat dan salam penulis panjatkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya yang membawa kita dari zaman kegelapan ke zaman terang benderangnya peradaban hingga akhir hayat sesuai dengan Syariah yang Allah SWT tetapkan sehingga saya sebagai penulis dapat menyelesaikan Tugas Bahasa Indonesia 2 ini yang berjudul “INSTALASI  APACHE WEB SERVER MENGGUNAKAN APACHE HTTP SERVER PADA LINUX FEDORA”. Walaupun  penulis baru mempunyai ilmu yang sedikit di dunia IT tetapi tersusunnya Tugas Bahasa Indonesia 2 ini penulis dedikasikan  untuk orang – orang yang baru atau sudah bergelut du dunia IT, semoga dapat bermanfaat dan dapat di kembangkan lagi oleh para pembaca. Adapun tujuan dan maksud penulis dari penulisan Tugas Bahasa Indonesia 2. Selanjutnya penulis ingin berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis untuk menyelesaikan Tugas Bahasa Indonesia 2  ini baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu antara lain :

1.     Kedua Orang Tua penulis yang penulis cintai yang telah memberikan Motifasi, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini

2.    Seseorang  yang saya cintai

3.     Teman – teman

4.     Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu – persatu

Semoga Allah SWT memberikan balasan yang berlipat ganda kepada beliau yang di sebutkan di atas

Depok,    April  2013

Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………….........i

DAFTAR ISI…………………………………………………………………….......ii

BAB I         PENDAHULUAN………………………………………..……...........1

1.1   Alasan Pemilihan Judul…………………………..……….........2

1.2   Perumusan Dan Pembatasan Masalah…………..……. ........2

1.3   Maksud Dan Tujuan Penulisan Laporan…………..…... .........3

1.4   Metode Penyusunan Laporan…………………...……….........3

1.5   Sistematika Penyusunan Laporan……………………............4
BAB II       LANDASAN TEORI…………..………………………………….......5

2.1   Sejarah  Linux..…………………………………………… .......5

2.2   Sejarah  Linux  Fedora …..……………………………….........7

                     2.3   Pengertian  Dan  Fungsi  Apache, Web  Server………..........8

                     2.4   Instalasi Apache web Server…………………………….........11

BAB III     PENUTUP………………………………………………………......... 12

3.1   Kesimpulan………………………………………………......... 12

3.2   Saran-Saran………………………………………………........ 13

DAFTAR PUSTAKA

BAB I

PENDAHULUAN

Materi ini saya dapat dari Praktek kerja lapangan Sewaktu Saya masih sekolah di SMK dulu.
Praktek kerja lapangan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dalam kegiatan tersebut penulis dapat mempraktekan teori-teori yang diberikan di sekolah. Sekaligus sebagai tempat untuk menambah ilmu pengetahuan dan menambah pengalaman. Dalam melakukan kegiatan PRAKERIN yang perlu dibutuhkan adalah teori-teori yang diberikan di sekolah dan sumber pengetahuan lainnya misalnya buku-buku, pengalaman dan sumber lainnya.

Teori yang diberikan di sekolah sangat berguna dalam mengikuti kegiatan PRAKERIN. Yang dibutuhkan untuk PRAKERIN adalah keuletan dan keterampilan yang cukup. Kurangnya ilmu pengetahuan tidak berpengaruh  besar pada saat mengikuti kegiatan PRAKERIN. Tetapi yang harus diperhatikan adalah kedisiplinan diri. Dan juga penulis diwajibkan memiliki buku panduan yang dibuat oleh setiap siswa yang berdasarkan pada buku-buku, pengalaman, dan sumber lainnya. Misalnya saja siswa diajarkan teori tentang bagaimana cara merakit komputer yang benar. Agar tidak terjadi kekurangan sebaiknya teori dan praktek itu lebih seimbang.

Setelah penulis selesai mengerjakan PRAKERIN, penulis diwajibkan untuk membuat laporan hasil kegiatan PRAKERIN dan sebagai syarat untuk mengikuti UAS dan UAN di sekolah. Laporan ini disusun atas pengalaman-pengalaman penulis selama melakukan PRAKERIN.

1.1   ALASAN PEMILIHAN JUDUL

Dalam memilih judul laporan “INSTALASI  APACHE WEB SERVER MENGGUNAKAN APACHE HTTP SERVER PADA LINUX FEDORA”. Penulis memilih judul tersebut karena aplikasi ini sangat penting bagi pengguna komputer terutama berbasis sistem operasi linux.

Kadang kala para pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi linux, Banyak para pengguna komputer ingin Jika kita ingin instalasi website, instalasi blog, Groupware dan lain sebagainya, besar kemungkinan kita akan membutuhkan Apache Web Server.

Hal-hal lain keunggulan  Apache Web Server  program aplikasi yang berjalan di server, berfungsi untuk menjalankan aplikasi web sehingga bisa diakses oleh klien baik melalui jaringan intranet maupun Internet.

1.2   PERUMUSAN DAN PEMBATASAN MASALAH

Perumusan masalah yang terdapat pada laporan ini adalah mengenai instalasi Apache Web Server. Kemungkinan permasalahan instalasi  adalah inti dari isi laporan ini. Penulis juga membatasi pokok     permasalahan didalam “INSTALASI APACHE WEB SERVER MENGGUNAKAN APACHE HTTP SERVER PADA LINUX FEDORA” yaitu :

1.    Apache hanya di install di linux fedora .

2.    Penulis hanya membahas menginstal  apache.

3.    Penulis tidak membahas sejarah linux dan linux fedora.

1.3   MAKSUD DAN TUJUAN PENULISAN LAPORAN

Setelah melakukan kegiatan pektek kerja lapangan, penulis wajib membuat laporan, adapun maksud dan tujuan penulisan laporan sebagai berikut:

1.    Sebagai bukti bahwa penulis telah malakuakan paktek kerja lapangan .

2.    Salah satu syarat untuk mengikuti UAS dan UAN.

3.    Untuk menambah pengetahuan penulis bagaimana caranya membuat laporan.

4.    Untuk menambah rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

5.    Untuk mengukur kemampuan penulis dalam menuangkan idenya ke dalam bentuk tulisan.

1.4   METODE PENYUSUNAN LAPORAN

Dalam penyusunan laporan ini penulis menggunakan beberapa metode seperti di bawah ini:

1.    Metode Observasi

Penulis telah menyaksikan dan melaksanakan secara langsung proses praktek dan teori di dalam dunia kerja.

2.    Studi Pustaka

Dalam pengumpulan data penulis memperoleh data melalui teori dan praktek serta membaca sumber buku sekaligus membandingkanya.

3.    Metode Interview

Penulis juga mengumpulkan data dengan cara melakukan wawancara dengan beberapa staf karyawan di sana.

1.5   SISTEMATIKA PENYUSUNAN LAPORAN

Sistematika penyusunan laporan adalah sebagai berikut:

BAB I     PENDAHULUAAN

1.1     Latar Belakang Pemilihan Judul

1.2     Perumusan Dan Pembatasan Masalah

1.3     Maksud Dan Tujuan Pembuatan Lapoaran

1.4     Metode Penyusunan Laporan

1.5     Sistematika Penyusunan Laporan 

BAB II    LANDASAN TEORI

2.1     Sejarah Linux

2.2     Sejarah Linux Fedora

2.3     Pengertian dan Fungsi Apache, Web  Server

2.4     Instalasi Apache web Server

          BAB III PENUTUP

3.1    Kesimpulan

3.2    Saran – saran

DAFTAR PUSTAKA

BAB II

         LANDASAN TEORI

2.1                   Sejarah Linux 

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.

Nama "Linux" berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) (seperti GNOME dan KDE), dan paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric.

Sistem operasi Unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada 1970. Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi akademis dan pada pebisnis.

Proyek GNU yang mulai pada 1984 memiliki tujuan untuk membuat sebuah sistem operasi yang kompatibel dengan Unix dan lengkap dan secara total terdiri atas perangkat lunak bebas. Tahun 1985, Richard Stallman mendirikan Yayasan Perangkat Lunak Bebas dan mengembangkan Lisensi Publik Umum GNU (GNU General Public License atau GNU GPL). Kebanyakan program yang dibutuhkan oleh sebuah sistem operasi (seperti pustaka, kompiler, penyunting teks, shell Unix dan sistem jendela) diselesaikan pada awal tahun 1990-an, walaupun elemen-elemen tingkat rendah seperti device driver, jurik dan kernel masih belum selesai pada saat itu. Linus Torvalds pernah berkata bahwa jika kernel GNU sudah tersedia pada saat itu (1991), dia tidak akan memutuskan untuk menulis versinya sendiri.

2.2       SEJARAH  LINUX  FEDORA

Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, terkadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7.

Proyek Fedora dimulai akhir tahun 2003, ketika Red Hat Linux dihentikan. Red Hat Enterprise Linux menjadi satu-satunya distro resmi Red Hat, sedangkan Fedora menjadi distro masyarakat. Bagi Red Hat, Fedora merupakan ajang percobaan utuk menghasilkan distro Red Hat Enterprise Linux (RHEL) yang stabil, rilis-rilis RHEL dikembangkan dari versi Fedora.

Nama Fedora berasal dari Fedora Linux, relawan proyek yang mengembangkan perangkat lunak tambahan untuk distro Red Hat Linux, dan dari karakteristik fedora (topi kulit) yang digunakan dalam logo Red Hat ("Shadowman"). Fedora Linux akhirnya diserap ke dalam Fedora Project. Fedora adalah merek dagang dari Red Hat, walaupun hal ini pernah disengketakan oleh para pencipta repositori perangkat lunak Fedora, namun masalahnya telah diselesaikan.

2.3        Pengertian dan Fungsi Apache, Web Server

Apache Web Server adalah salah satu service yang paling banyak digunakan karena web server menjadi tulang punggung aplikasi web. Jika kita ingin melakukan instalasi website, instalasi blog, Groupware dan lain sebagainya, besar kemungkinan kita akan membutuhkan Apache Web Server

Web server adalah software yang memberikan layanan web. Web server menggunakan protocol yang disebut dengan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) yang di transfer dari suatu computer yang menyediakan file-file web tersebut ke computer klient yang meminta. Anda mempunyai banyak pilihan di dunia open source, tergantung pada keperluan Anda.

Apache adalah nama web server yang dibuat berbasiskan kode sumber dan ide-ide yang ada pada web server leluhurnya, yaitu web server NCSA. Sesuai namanya, web server NCSA dibuat oleh National Center for Supercomputing Applications. Tidak seperti poryek leluhurnya yang dibiayai oleh pemerintah Amerika, web server Apache dikembangkan oleh sekelompok programer yang bekerja tanpa dibayar oleh siapapun. Mereka mengerjakan proyek ini dengan berbagai macam alasan, akan tetapi alasan yang paling mendasar adalah mereka senang jika perangkat lunak mereka digunakan oleh banyak orang.

Apache adalah web server yang kompak, modular, mengikuti standar protokol HTTP, dan tentu saja sangat digemari.

Mengapa kita harus memilih Apache? Tentu itu pertanyaan yang terfi kir dalam benak Anda. Ya, tentu saja kita harus mempunyai alasan untuk segala hal, termasuk memilih Apache sebagai web server pilihan. Mungkin daftar berikut bisa menjadi jawabannya.

Ø  Arsitektur modular.

Ø  Mendukung banyak sistem operasi, termasuk di dalamnya adalah Windows NT/2000/XP dan berbagai varian Unix.

Ø  Mendukung IP versi 6 (Ipv6).

Ø  Mendukung CGI (Common Gateway Interface) dan SSI (Server Side Include).

Ø  Mendukung otentifi kasi dan kontrol akses.

Ø  Mendukung SSL (Secure Socket Layer) untuk komunikasi terenkripsi.

Ø  Konfi gurasi yang mudah dipahami.

Ø  Mendukung Virtual Host.

Ø  Pesan kesalahan multi bahasa dan bisadimodifi kasi.

Apache Server HTTP atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini mengunakan HTTP.

Apache Web Server merupakan program aplikasi yang berjalan di server, berfungsi untuk menjalankan aplikasi web sehingga bisa diakses oleh klien baik melalui jaringan intranet maupun Internet.

2.4        Instalasi Apache Web Server

Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang harus dipersiapkan untuk melakukan proses instalasi Apache Web Server sebagai berikut :

1.    Satu buah unit komputer lengkap dan sudah di install Linux Fedora.

2.    Satu buah CD Linux Fedora Lengkap dengan aplikasi Apache Web Server.

3.    Satu buah media penyimpanan data yang memuat apache web server yang akan diinstall.

4.   Bila anda ingin mendownload apache web server, Download Source nya di:

        Apache : Httpd-2.2.4-4..tar.gz

        http://www.apache.org

Langkah Kerja

1.    Pertama menginstal apache  dalam kemasan RPM yang sudah tersedia di CD linux fedora. Dengan cara klik aplikasi.

2.    kedua pilih Peralatan Sistem dan Klik Terminal

3.    ketiga mulailah instalasi dengan memasukan CD Linux Fedora yang lengkap dengan Apache Web Server. Proses menginstal dengan mengetik script pada terminal:

# mount /mnt/cdrom

# rpm –ivh /mnt/cdrom/fedora/RPMS/httpd-2.2.4-4.i386.rpm

4.    Setelah proses instalasi selesai. Apache secara default telah membuat file konfigurasi yang sudah dapat di gunakan, file konfigurasi tersebut terletak di etc/httpd/conf/httpd.conf. untuk melihat file konfigurasinya, langkahnya sebagai berikut:

·         Pertama double klik komputer pada desktop kemudian  pilih dan double klik sistem file.

·         Kedua, setelah masuk ke folder sistem file, kemudian pilih  folder dan double klik folder etc .            

·         Ketiga, setelah masuk ke folder etc, pilih dan double klik  folder htppd.

·         Keempat, setelah masuk ke folder httpd, pilih dan double  klik folder conf

5.    Setelah masuk ke folder conf, lihat lah File httpd.conf. Bila  sudah ada file konfigurasi httpd.conf, Apache siap untuk diaktifkan.          

6.    Setelah mengetahui file konfigurasinya. Langkah selanjutnya

mengaktifkan apache web server di Terminal dengan perintah sebagai berikut:

                        # service httpd start

                        Atau

                        # /etc/init.d/httpd start

7.    Selanjutnya anda memastikan apakah service web benar-benar sudah berjalan, maka gunakanlah perintah sebagai berikut:

# netstat –tamp ŀgrep :80

tcp       0          0  : : : 80         : : :*                  LISTEN          3059/httpd

Jika perintah “netstat –tanp |grep :80 tersebut ada output seperti di atas sudah jalan  dan siap menerima request dari client.

    HASIL KERJA

Jika perintah “netstat –tanp |grep :80 tersebut ada output seperti di atas sudah jalan,  maka apache web server siap menerima request dari client. Cobalah anda gunakan web broser (misal Mozilla Firefox) lalu ketiklah pada bar address http://localhost. Jika muncul home page,  berarti Apache Web Server menggunakan Apache HTTP server sudah Terinstal.

                        Gambar Apache HTTP server sudah terinstal



BAB 3

PENUTUP

            Syukur alhamdulillah penulis ucapkan atas selesainya penulisan laporan Praktek Kerja Industri yang berjudul “ Instalasi Apache Web Server Menggunakan Apache HTTP Server Di linux Fedora “ dan penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak – pihak yang telah memberikan dukungan dan do’a dalam pembuatan laporan ini.

            Semoga karya tulis ini dapat menjadi bahan untuk digunakan oleh para pembaca dan dapat dijadikan pelajaran yang dapat menambahkan wawasan, terutama pada bidang teknologi informasi khususnya para pengguna Sistem Operasi Linux.

3.1 Kesimpulan

            Selama penulis melakukan beberapa percobaan, penulis memberikan kesimpulan sebagai berikut :

Apache Web Server merupakan program aplikasi yang berjalan di server, berfungsi untuk menjalankan aplikasi web sehingga bisa diakses oleh klien baik melalui jaringan intranet maupun Internet.

3.2 Saran

            Untuk dapat menggunakan program aplikasi Apache Web Server pada komputer anda, penulis menyarankan hal – hal sebagai berikut :

1.    Pastikan anda sudah menginstal sistem operasi linux fedora di komputer anda.

2.    Mempunyai CD linux fedora lengkap dengan aplikasi apache web server.

3.    Apache Web Server merupakan program aplikasi yang berjalan di server, berfungsi untuk menjalankan aplikasi web sehingga bisa diakses oleh klien baik melalui jaringan intranet maupun Internet.

Demikianlah hal- hal yang dapat dikemukakan sebagai saran dan usul, semoga hal ini dapat bermanfaat bagi sekolah. Apabila terdapat kalimat atau kata – kata yang kurang berkenan, maka dengan kerendahan hati penulis mohon dibukakan pintu maaf yang seluas – luasnya.

DAFTAR PUSTAKA

http://ms.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Linux

http://belajarlinuxbareng.blogspot.com/2012/02/sejarah-fedora.html



1 komentar:

  1. sukses selalu pak, semoga selalu semangat dalam memajukan pendidikan Indonesia yang lebih baik :)

    salam
    helm sepeda onthel

    BalasHapus