Selasa, 05 Juni 2012

KELOMPOK DALAM ORGANISASI


KELOMPOK DALAM ORGANISASI

Adapun definisi kelompok yang dikemukakan oleh beberapa orang ahli adalah sebagai berikut :
1. Menurut Cartwright & Zander ( 1971 )
Kelompok adalah suatu kolektif yang terdiri atas berbagai organisme dimana eksistensi semua anggota sangat penting untuk memuaskan berbagai kebutuhan individu. Artinya, kelompok merupakan suatu alat untuk mendapatkan berbagai kebutuhan individu. Individu menjadi milik kelompok karena mereka mendapatkan berbagai kepuasan ssebaik mungkin melalui organisasi yang tidak dengan mudah mereka dapatkan melalui cara.
2. Wekley dan Yulk ( 1977 )
Mengemukakan bahwa kelompok merupakan suatu kumpulan orang yang berinteraksi satu sama lain secara teratur dalam suatu periode tertentu, dan merasakan adanya ketergantungan diantara mereka dalam rangka mencapai satu atau lebih tujuan bersama.
3. Menurut Marihot Tua Efendi Hariandja
Kelompok merupakan kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam suatu saling ketergantungan antara satu dengan yang lain serta berinteraksi secara langsung dalam pekerjaan sehari-hari dalam upaya pencapaian tujuan bersama.
Dari tiga pengertian di atas, maka dapat dsimpulkan bahwa pengertian kelompok tidak terlepas dari unsur-unsur berupa keberadaan dua orang atau lebih yang melakukan interaksi dan saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Namun ini tidak berlaku bagi sekumpulan individu yang tidak memenuhi unsur-unsur di atas, maka belumlah dikatakan sebagai kelompok misalnya penonton sepakbola yang menjadi sekumpulan individu namu mereka tidak saling mengenal dan tidak melakukan interaksi.


Peranaan Individu dalam Kelompok
          Dalam organisasi individu mempunyai kemampuan, kepercayaan, pengharapan kebutuhan dan pengalaman masa lalunya apabila akan memasuki suatu lingkungan baru. Organisasi merupakan suatu lingkungan bagi individu yang mempunyai karakteristik, yang diwujudkan dalam pekerjaan-pekerjaan, tugas-tugas, wewenang dan tanggung jawab, sistem pengagajian, dll. Jika karakteristik individu berinteraksi dengan karateristik organisasi, maka akan mewujudkan perilaku individu dalam organisasi.

Perilaku adalah suatu fungsi dari interaksi antara seseorang individu dengan lingkungannya. Individu dengan organisasi tidak jauh berbeda dengan pengertian ungkapan tersebut. Keduanya mempunyai sifat-sifat khusus atau karakteristik tersendiri.                                             

Implikasi dari karakteristik organisasi terhadap individu apabila ditinjau dalam segi kebutuhan, individu itu sendiri adalah motivasi kerja, motivasi kerja timbul karena adanya sistem pengkajian, motivasi kerja akan berdampak pula pada produktivitas kerja individu dan terhadap kinerja organisasi.

PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI KELOMPOK

Jenis-Jenis Kelompok
Adapun suatu kelompok dapat diklasifikaikan ke dalam beberapa jenis, antara lain :
1. Kelompok Formal adalah sub unit sah dari organisasi yang telah ditetapkan oleh anggaran dasar atau suatu ketetapan management. Jadi kelompok ini sengaja dibentuk untuk memenuhi tugas yang nyata guna mendukung tugas organisasi.
2. Kelompok Informal adalah kelompok yang muncul sebagai upaya pemenuhan kebutuhan individu dengan mengembangkan tata hubungan dengan anggota lain dalam organisasi. Kelompok informal hanya dapat terbentuk apabila lokasi fisik anggota-anggotanya, sifat pekerjaan, dan jadwal kerja memungkinkan untuk terbentuknya kelompok. Oleh karena itu kelompok informal muncul dari kombinasi antara faktor-faktor formal dan kebutuhan manusia sebagai anggotanya.
3. Kelompok Komando
Kelompok komando adalah kelompok yang terdiri dari individu-individu yang melapor langsung kepada manajer tertentu, atau dengan kata lain kelompok komando adalah manajer dan semua bawahannya.
4. Kelompok Tugas
Kelompok tugas adalah orang-orang yang secara bersama-sama menyelesaikan tugas.
5. Kelompok Kepentingan
Kelompok kepentingan adalah orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan khusus dan yang menjadi perhatian masing-masing orang.
6. Kelompok Pershabatan
Kelompok persahabatan adalah persekutuan social yang sering dikembangkan dari situasi kerja, ditetapkan bersama-sama karena memiliki satu atau lebih karakteristik yang sama.

Ada juga yang mengatakan Pengertian kelompok dan klasifikasi kelompok

Pengertian Beberapa Jenis Kelompok
1. Kelompok
Kelompok adalah dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantung, yang saling bergabung untuk mencapai tujuan tertentu.
2. Kelompok Formal
Kelompok formal adalah kelompok kerja bentukan yang didefinisikan oleh struktur oraganisasi dengan penugasan kerja yang sudah ditentukan. Perilaku-perilaku yang harus ditunjukan di dalam kelompok ini ditentukan dan diarahkan ke sasaran organisasi.
3. Kelompok Informal
Kelompok informal adalah kelompok yang tidak terstruktur formal dan tidak ditentukan oleh oraganisasi, dan terjadi karena respons terhadap kebutuhan akan hubungan sosial. Kelebihannya adalah kelompok ini bisa memenuhi kebutuhan sosial anggotanya yang dapat mempengaruhi perilaku dan kinerja anggotanya itu.
4. Kelompok Komando
Kelompok komando adalah kelompok yang terdiri dari individuindividu yang melapor langsung kepada manajer tertentu, atau dengan kata lain kelompok komando adalah manajer dan semua bawahannya.
5. Kelompok Tugas
Kelompok tugas adalah orang-orang yang secara bersama-sama menyelesaikan tugas.
6. Kelompok Kepentingan
Kelompok kepentingan adalah orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan khusus dan yang menjadi perhatian masing-masing orang.
7. Kelompok Persahabatan
Kelompok persahabatan adalah persekutuan sosial yang sering dikembangkan dari situasi kerja, ditetapkan bersama-sama karena memiliki satu atau lebih karakteristik yang sama.

Pengalaman Dalam kelompok
Menurut saya berorganisasi itu pasti pernah dilakukan oleh setiap orang yang pada intinya dilakukan untuk bersosialisasi dan berbaur dengan masyarakat untuk mencapai suatu tujuan. Dalam berorganisasi saya pribadi pernah ikut serta dalam bidang social seperti karang taruna dan bidang komunitas Motor di Kota Depok yaitu BNC (Bikers Night Community).

Dengan saya mengikuti kegitan komunitas motor ini saya menjadi lebih aktif bersosialisasi dan mendapatkan banyak teman se komunitas motor di kota depok. Dalam komunitas ini saya di tunjuk menjadi seksi konsumsi yang tugas nya ketika ada komunitas motor lain datang bertamu ke Kopdar kami saya bertugas menyiapkan segala keperluan konsumsi.

Refrensi:
http://imamroyani.blogspot.com/2011/03/perilaku-kelompok-dan-pengembangan-tim.html
http://lista.staff.gunadarma.ac.id
http://abdulrochmancr7.blogspot.com/2012/03/perilaku-individu-dalam-organisasi.html

1 komentar:

  1. sukses selalu pak, semoga selalu semangat dalam memajukan pendidikan Indonesia yang lebih baik :)

    salam
    helm sepeda onthel

    BalasHapus