Sabtu, 10 Desember 2011

Konflik Dalam Organisasi

Organisasi
Organisasi sebagai suatu sistem terdiri dari komponen-komponen (subsistem) yang saling berkaitan atau saling tergantung satu sama lain dan dalam proses kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Sub-subsistem yang saling tergantung itu adalah tujuan dan nilai-nilai, teknikal, manajerial, psikososial, dan subsistem struktur. Dalam proses interaksi antara suatu subsistem dengan subsistem lainnya tidak ada jaminan akan selalu terjadi kesesuaian atau kecocokan antara individu pelaksananya. Setiap saat ketegangan dapat saja muncul, baik antarindividu maupun antarkelompok dalam organisasi. Banyak faktor yang melatarbelakangi munculnya ketidakcocokan atau ketegangan, antara lain: sifat-sifat pribadi yang berbeda, perbedaan kepentingan, komunikasi yang “buruk”, perbedaan nilai, dan sebagainya. Perbedaan-perbedaan inilah yang akhirnya membawa organisasi ke dalam suasana konflik.
Pengertian Konflik
Konflik dapat diartikan sebagai ketidak setujuan antara dua atau lebih anggota organisasi atau kelompok-kelompok dalam organisasi yang timbul karena mereka harus menggunakan sumber daya yang langka secara bersama-sama atau menjalankan kegiatan bersama-sama dan atau karena mereka mempunyai status, tujuan, nilai-nilai dan persepsi yang berbeda. Anggota-anggota organisasi yang mengalami ketidaksepakatan tersebut biasanya mencoba menjelaskan duduk persoalannya dari pandangan mereka .atau konflik adalah : Situasi yang terjadi ketika ada perbedaan pendapat atau perbedaan cara pandang diantarabeberapa orang, kelompok atau organisasi.2.Sikap saling mempertahankan diri sekurang-kurangnya diantara dua kelompok, yangmemiliki tujuan dan pandangan berbeda, dalam upaya mencapai satu tujuan sehinggamereka berada dalam posisi oposisi, bukan kerjasama.
Macam-macam Konflik
Konflik yang terjadi dalam suatu organisasi dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu :
a. Konflik individu dengan individu
            Konflik semacam ini dapat terjadi antara individu pimpinan dengan individu pimpinan dari berbagai tingkatan. Individu pimpinan dengan individu karyawan maupun antara inbdividu karyawan dengan individu karyawan lainnya.
b. Konflik individu dengan kelompok            
            Konflik semacam ini dapat terjadi antara individu pimpinan dengan kelompok ataupun antara individu karyawan dengan kempok pimpinan.
c. Konflik kelompok dengan kelompok
            Ini bisa terjadi antara kelompok pimpinan dengan kelompok karyawan, kelompok pimpinan dengan kelompok pimpinan yang lain dalam berbagai tingkatan maupun antara kelompok karyawan dengan kelompok karyawan yang lain.

Sumber – sumber Utama Penyebab Konflik
-        ketidakcocokan kepribadian atau sistem nilai.
-        batas-batas pekerjaan yang tidak jelas atau tumpang-tindih.
-        persaingan untuk memperoleh sumberdaya yang terbatas;
-        pertukaran informasi atau komunikasi yang tidak cukup
-        kesalingtergantungan dalam pekerjaan.
-        kompleksitas organisasi (konflik cenderung meningkat bersamaan dengan semakin meningkatnya susunan hierarki dan spesialisasi pekerjaan) .

 Cara penyelesaian konflik
Ada beberapa cara untuk menyelesaikan konflik :
- Integrating (Problem Solving) dalam cara ini bersama-sama mengidentifikasikan masalah kemudian mencari solusi untuk pemecahan masalah
- Obligning (Smoothing) lebih memusatkan perhatian pada upaya untuk memuaskan pihak lain dari pada dirinya sendiri.
- Dominating (forcing) gaya ini memaksa karena menggunakan legalitas formal dalam penyeleesaian masalah.
- Avoiding taktik menghindar cocok digunakan untuk menyelesaikan masalah yang sepele.
- Compromising gaya ini menempatkan seseorang pada posisi moderat, yang secara seimbang memadukan antara kepeningan sendiri dan kepentingan orang lain.

 
DAFTAR PUSTAKA :
-       Greenhalgh, Leonard, 1999. “Menangani Konflik”. Dalam A.Dale Timpe, (Ed.), Memimpin Manusia. Alih bahasa oleh Sofyan Cikmat. Jakarta: PT.Gramedia.
-       Gibson, James L., et al., 1977. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Alih bahasa oleh Adriani. Jakarta: Binarupa Aksara.
-       Miftah Thoha. Kepemimpinan dalam Manajemen. PT.Raja Grafindo Persada,
Jakarta, 1993.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar