Kamis, 31 Maret 2011

The Ascent Of Man The Grain in the Stone



The Grain in the Stone Menceritakan tentang arsitektur Bebatuan. Salah satu lompatan besar dalam pendakian manusia adalah membentuk lingkungan memasuki ruang hidup.
Ini adalah tentang arsitektur dan kebangkitan kota. Salah satu langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah munculnya tukang batu. Alih-alih tinggal di gua-gua atau rumah-rumah yang terbuat dari bumi, manusia membangun rumahnya dari kayu dan batu dan batu bata. Hal ini mungkin tampak seperti perubahan kecil namun ternyata sangat besar:
Ini menandai pemahaman baru tentang alam, bahwa itu adalah sesuatu yang dapat anda ambil secara terpisah, memahami dan kemudian disatukan kembali dengan cara baru.

Ini memungkinkan munculnya kota-kota, tidak hanya secara fisik dengan menyediakan bangunan yang diperlukan tetapi juga dengan memberikan pemahaman baru tentang masyarakat manusia sebagai sesuatu yang terbuat dari bagian bekerja bersama.
Sebuah kota terdiri dari orang-orang yang bekerja sama dengan cara tertentu. Secara khusus:
1. Pembagian kerja : seorang pria melakukan satu jenis pekerjaan seluruh hidupnya dan menjadi sangat baik dalam hal itu, bahkan mungkin datang dengan penemuan-penemuan baru. Bukan hanya tukang batu tapi pengrajin lain seperti tembikar, pandai besi tembaga dan penenun.
2. Rantai komando : yang memungkinkan sebuah kota atau orang untuk bertindak sebagai satu dan mencapai hal-hal untuk kebaikan yang lebih besar, seperti pengendalian air dengan irigasi. Informasi datang ke sebuah komandan atau penguasa di pusat dan aliran perintah keluar. Untuk itu untuk bekerja, Anda perlu jalan, jembatan dan pesan.

Ketika Inca jatuh ke Spanyol pada tahun 1532 mereka hanya ada di tahap ini. peradaban mereka dipotong pendek sebelum datang dengan roda, lengkungan atau bahkan menulis. Mereka terus catatan pada string rajutan disebut quipu, tetapi hanya mencatat angka bukan kata-kata.
Orang-orang Yunani, meskipun cinta yang besar mereka geometri, tidak pernah datang dengan lengkungan. Itu adalah penemuan Romawi. Dengan menyebarkan beban itu memungkinkan kolom untuk menahan berat badan lebih atau menyebar jauh terpisah. Lengkungan Romawi dan kemudian satu Arab didasarkan pada lingkaran.
Seribu tahun kemudian sekitar tahun 1100 datang lengkungan Gothic, oval atau lengkungan runcing katedral Gothic di Eropa bagian utara. Dengan menyebarkan beban bahkan lebih dari lengkungan Romawi, bangunan bisa naik sampai 40 meter. Dan karena lengkungan, bukan dinding, yang mengangkat bangunan, dimungkinkan jendela besar kaca patri.
Lengkung Gothic adalah terobosan besar terakhir dalam arsitektur sampai tahun 1800-an dengan munculnya bangunan dibuat dengan kerangka baja.
Lelaki dibangun katedral Gothic bukan karena ia tiba-tiba dibutuhkan besar, gereja-gereja yang indah, tapi karena ia bisa. Manusia suka membuat hal-hal, begitu banyak sehingga ia sering membuat mereka lebih baik daripada dia harus. Yang pada gilirannya memungkinkan hal untuk digunakan di luar tujuan mereka, mengarah ke cara-cara baru dalam melakukan sesuatu - teknologi.
Mengambil hal-hal yang terpisah dan menempatkan mereka kembali bersama-sama meletakkan dasar selama lebih dari sekedar arsitektur dan kota-kota tetapi juga untuk pemahaman baru tentang alam - yang saat menjadi ilmu pengetahuan.
Setelah berhasil berburu dan akhirnya bisa melawan kerasnya isi bumi ini manusia ternyata butuh yang namanya tempat tinggal, disini manusia pertama hanya tinggal di dalam bangunan – bangunan alamia bumi, dan akhirnya menciptakan sebuah tempat untuk berteduh dan terus menerus hingga kini, menjadikan bebarapa bangunan yang mampu menyentuh langit. Dengan ketinggian setinggi gunung.
Salah satu langkah terbesar manusia adalah munculnya tukang batu. Yang semula tinggal di gua - gua atau rumah - rumah yang terbuat dari bumi, sekarang manusia sudah membangun rumahnya dari kayu dan batu dan batu bata. Mungkin tampak seperti sebuah perubahan kecil tetapi sebenarnya itu besar.
Dan semakin lama kelamaan terbentuknya juga gedung, kota, dan bangunan - bangunan lainnya. Ini merupakan suatu pemahaman baru tentang alam yang menjelaskan bahwa sesuatu yang Anda dapat diambil terpisah, memahaminya lalu kemudian dimasukkan kembali dengan cara baru. Ada lagi pemahaman lainnya yaitu pemahaman munculnya kota-kota. Bahwa tidak hanya secara fisik dengan memberikan bangunan yang diperlukan, tetapi juga dengan memberikan pemahaman baru tentang masyarakat manusia sebagai sesuatu yang terbuat dari bagian - bagian yang bekerja bersama - sama.
Sebuah kota terdiri dari orang-orang yang bekerja sama dengan cara tertentu. Caranya adalah pembagian kerja, antai komando. Cara pembagian kerja contohnya adalah seorang pria melakukan satu jenis pekerjaan dalam hidupnya dan menjadi sangat bagus dengan penemuan-penemuan baru. Tidak hanya para tukang batu, tetapi juga pengrajin lain. Sedangkan antai komando adalah sebuah kota atau orang-orang yang bertindak untuk mencapai hal-hal untuk kebaikan yang lebih besar, seperti pengendalian air irigasi. Informasi datang ke sebuah komandan atau penguasa di pusat.
Manusia mulai mengenal arsitektur bangunan dan patung, hal tersebut membuat manusia mulai berbudaya dan mengenalkan kita kepada hal tersebut. Budaya yang mendorong manusia ingin terus berimajinasi dan mengembangkan struktur-struktur baru. Sejak dari zaman-zaman sebelumnya, mereka sudah mengenal arsitektur-arstektur bangunan. Namun budaya mendorong mereka untuk dapat berimajinasi lebih untuk memciptakan hal-hal baru dalam kehidupa mereka.
Manusia membangun katedral Gothic bukan karena ia tiba-tiba dibutuhkan, tetapi karena ia bisa. Manusia senang sekali membuat hal-hal yang begitu banyak sehingga ia sering membuat sesuatu yang berguna dan lebih baik daripada dia harus merusak dunia. Yang pada gilirannya memungkinkan hal-hal yang akan digunakan di luar tujuan yang telah ditetapkan, mengarah pada cara-cara baru dalam melakukan perubahan sesuatu.
Perkembangan ini terlihat lebih dominan pada bangsa romawi yang menciptakan patung serta bangunan-bangunan megah dengan arsitektur yang sangat hebat dan dipadukan dengan imajnasi para penduduk serta perkembangan budaya yang mendukungnya.
Pada dasarnya evolusi budaya-lah yang membuat manusia menjadi yang sekarang ini dengan proses yang panjang dan perkembangan pemikiran manusia yang ingin berubah lebih baik dari sebelumnya. Dengan memanfaatkan imajinasi mereka yang menyebabkan perkembangan ilmu dan teknologi dalam era sekarang ini.
Hubungannya cerita ini yaitu, semakin tua bumi ini, semakin banyak perubahan yang ada. Kita tinggal di bumi ini memiliki sejarah. Contohnya sejarah Terbentuknya bumi ini kita dapat mengetahuinya karena adanya sejarah yang menceritakannya. Adanya bumi ini, karena adanya pula kehidupan, perkembangan, dan kemajuan dari jaman ke jaman. Dari jaman ke jaman itulah, bumi semakin berkembang. Hal ini didukung oleh, manusia yang sudah memiliki daya pikir yang cukup tinggi untuk memajukan dirinya, dan lingkungan yang ditempatinya. Kita sebagai manusia yang menempati lingkungan bumi, kita harus menjaganya dan merawatnya bukan merusaknya. Kita lakukan ini untuk kebaikan bersama agar bumi ini dapat bertahan lebih lama.

“ Ilmu Arsitektur adalah ilmu yang selalu mengikuti sejarah perkembangan manusia. Sejak jaman manusia purba yang tinggal di goa-goa sampai abad ke-21 yang begitu modern, ilmu tersebut masih terus berkembang. Arsitektur adalah hasil dari “dialog” manusia dengan lingkungannya serta budayanya. Sejarah mencatat beberapa peninggalan sejarah seperti Piramid yang dibangun pada masa Fir’aun di Mesir, Kuil Parthenon yang didirikan sebagai tempat persembahan bagi Dewi Athena di Yunani, Bangunan Colosseum sebagai tempat bertarung para Gladiator di Roma, Italia dan masih banyak lagi peninggalan sejarah arsitektur yang tak ternilai harganya. Pada masa lampau banyak raja, kaum bangsawan, maupun orang-orang berpengaruh yang membuat monumen-monumen untuk diri mereka sendiri. Mereka ingin dikenang bahwa mereka telah mencapai “sesuatu yang besar” melebihi orang lain di jamannya ”.

Pada zaman purbakala sekali manusia selalu hidup berpindah-pindah dari suatu tempat ketempat lain yang memiliki sumber makanan yang lebih mencukupi, namun lama kelaman manusia sudah mulai hidup menetap dengan membangun rumah sederhana yang hanya beratapkan daun-daun kering. Walaupun demikian berarti ini sudah membuktikan bahwa manusia pada zaman prasejarah sudah mengenal arsitektur walaupun masih sangat sederhana. Kemudian dari rumah yang hanya beratapkan daun-daun itu, manusia  pada zaman berikutnya sudah mendirikan rumah yang sudah agak besar, namun atap yang mereka gunakan masih terbuat dari daun-daun kering. Lama kelamaan manusia semakin berkembang dengan pesat sehingga pada zaman berikutnya manusia sudah menggunakan kayu sebagai atap untuk rumah mereka. Dengan menggunakan kayu, keselamatan mereka akan perlindungan mereka sudah mulai terjamin. Arsitektur alam buku yang berjudul Ascent of Man ini menceritakan tentang keadaan sejarah bagaimana terbentuknya gedung2 tinggi, rumah, gereja, kota, dan bangunan2 lainnya. Selain itu, mengeksplore tentang bentuk2 arsitektur bangunan, dan inspirasi bagaimana bisa terbentuknya?

Ketika suku Inca jatuh ke tangan Spanyol pada 1532 mereka hanya pada tahap ini. Peradaban mereka dipotong pendek sebelum datang dengan roda, lengkungan atau bahkan menulis. Mereka menyimpan catatan pada string tersimpul disebut quipu, tetapi hanya angka yang tercatat bukan kata-kata. Orang-orang Yunani, meskipun cinta besar geometri, tidak pernah datang dengan lengkungan. Itu adalah penemuan Romawi. Dengan menyebarkan beban kolom diizinkan untuk memegang lebih banyak berat badan atau disebarkan jauh terpisah. Lengkungan Romawi dan kemudian Arab satu didasarkan pada lingkaran.
Seribu tahun kemudian pada 1100 Gothic terdengar lengkungan, oval atau menunjuk lengkungan dari katedral Gothic utara Eropa. Dengan menyebarkan beban lebih jauh daripada lengkungan Roma, bangunan bisa naik sampai 40 meter. Dan karena lengkungan, bukan dinding, sedang memegang bangunan, kemungkinan besar itu membuat jendela-jendela kaca-patri.
The Gothic arch adalah terobosan besar terakhir dalam arsitektur sampai 1800-an dengan munculnya bangunan-bangunan yang dibuat dengan kerangka baja.
Manusia membangun katedral Gothic bukan karena ia tiba-tiba dibutuhkan besar, gereja-gereja yang indah, tetapi karena ia bisa. Manusia senang sekali membuat hal-hal, begitu banyak sehingga ia sering membuat mereka lebih baik daripada dia harus. Yang pada gilirannya memungkinkan hal-hal yang akan digunakan di luar tujuan yang telah ditetapkan, mengarah pada cara-cara baru dalam melakukan sesuatu – teknologi.

Mengambil hal-hal yang terpisah dan menempatkan mereka kembali bersama-sama meletakkan landasan bagi lebih dari sekadar arsitektur dan kota-kota tetapi juga bagi pemahaman baru tentang alam – yang pada waktu menjadi ilmu pengetahuan.
Manusia mulai mengenal arsitektur bangunan dan patung, hal tersebut membuat manusia mulai berbudaya dan mengenalkan kita kepada hal tersebut. Budaya yang mendorong manusia ingin terus berimajinasi dan mengembangkan struktur-struktur baru. Sejak dari zaman-zaman sebelumnya, mereka sudah mengenal arsitektur-arstektur bangunan. Namun budaya mendorong mereka untuk dapat berimajinasi lebih untuk memciptakan hal-hal baru dalam kehidupa mereka.
Perkembangan ini terlihat lebih dominan pada bangsa romawi yang menciptakan patung serta bangunan-bangunan megah dengan arsitektur yang sangat hebat dan dipadukan dengan imajnasi para penduduk serta perkembangan budaya yang mendukungnya.

Pada dasarnya evolusi budaya-lah yang membuat manusia menjadi yang sekarang ini dengan proses yang panjang dan perkembangan pemikiran manusia yang ingin berubah lebih baik dari sebelumnya. Dengan memanfaatkan imajinasi mereka yang menyebabkan perkembangan ilmu dan teknologi dalam era sekarang ini.
Dari sifat manusia yang tidak pernah puas ini, maka manusia akan terus mencari jalan agar manusia dapat mencapai kesempurnaan untuk hal-hal yang mereka inginkan. Sehingga kemajuan arsitektur pun tidak akan terhenti begitu saja. Manusia akan membuat arsitektur yang akan mencatatkan sejarah sebagai arsitektur yang luar biasa di masanya. Pertanyaan yang timbul adalah bagaimana jika bumi kita ini sudah rusak dan lahan kita tidak mencukupi lagi akan bangunan gedung-gedung bertingkat, dimana manusia dapat menciptakan sebuah mahakarya jika sebagian manusianya berada dalam garis kemiskinan dan kehancuran.

Penemuan-penemuan ilmiah dibuat selama sepuluh ribu tahun terakhir-dari domestikasi gandum dalam 8.000 SM ke struktur heliks ganda DNA pada 1950-an. “He describes the tools that extend the human hand as an instrument of vision- they reveal new structures and make it possible to put them together in imaginative combinations”. Dia menjelaskan alat-alat yang memperpanjang tangan manusia sebagai instrumen visi-mereka mengungkapkan struktur-struktur baru dan memungkinkan untuk menempatkan mereka bersama-sama dalam kombinasi imajinatif.
Disetiap diri menusia mempunyai hasrat untuk mengembangkan diri dalam kehidupan yang lebih maju. Dalam merealisasikannya, mereka mengeksplor diri mereka dalam mengembangkan kehidupan mereka itu sendiri. Mereka mebangun sejarah dalam membangun gedung yang tinggi,rumah sebagai tempat menetap, gereja sebagai tempat pemujaan. Dan bangunan-bangunan lainnya.

Adapun hubungannya dengan film wall-e . Bumi yang sekarang kita pijak ini pasti mempunyai sejarah perkembangannya sendiri. Dari detik ke detik, menit ke menit, jam ke jam, hari ke hari semua itu adalah perjalanan bagaimana bumi ini tercipta . jam yang kita rasakan saat ini menjadi bukti adanya saksi bisu yang menyaksikan perkembangan bumi. Jika adanya kerja sama antara manusia dan robot mungkin dapat dicapai hasil yang lebihmemuaskan lagi dari yang sekarang ini.Perkembangan bumi dari abad terdahulu berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan IPTEK yang menjadi dasar dari perkembangan bumi itu sendiri. Iptek itu menciptakan robot-robot yang mungkin bisa membantu manusia dalam menjalani hidupnya.
Ketika suku Inca jatuh ke tangan Spanyol pada 1532 mereka hanya pada tahap ini. Peradaban mereka dipotong pendek sebelum datang dengan roda, lengkungan atau bahkan menulis. Mereka menyimpan catatan pada string tersimpul disebut quipu, tetapi hanya angka yang tercatat bukan kata-kata. Orang-orang Yunani, meskipun cinta besar geometri, tidak pernah datang dengan lengkungan. Itu adalah penemuan Romawi. Dengan menyebarkan beban kolom diizinkan untuk memegang lebih banyak berat badan atau disebarkan jauh terpisah. Lengkungan Romawi dan kemudian Arab satu didasarkan pada lingkaran.The Gothic arch adalah terobosan besar terakhir dalam arsitektur sampai 1800-an dengan munculnya bangunan-bangunan yang dibuat dengan kerangka baja.Manusia membangun katedral Gothic bukan karena ia tiba-tiba dibutuhkan besar, gereja-gereja yang indah, tetapi karena ia bisa. Manusia senang sekali membuat hal-hal, begitu banyak sehingga ia sering membuat mereka lebih baik daripada dia harus. Yang pada gilirannya memungkinkan hal-hal yang akan digunakan di luar tujuan yang telah ditetapkan, mengarah pada cara-cara baru dalam melakukan sesuatu – teknologi. Manusia mulai mengenal arsitektur bangunan dan patung, hal tersebut membuat manusia mulai berbudaya dan mengenalkan kita kepada hal tersebut. Budaya yang mendorong manusia ingin terus berimajinasi dan mengembangkan struktur-struktur baru. Sejak dari zaman-zaman sebelumnya, mereka sudah mengenal arsitektur-arstektur bangunan. Namun budaya mendorong mereka untuk dapat berimajinasi lebih untuk memciptakan hal-hal baru dalam kehidupa mereka.

Salah satu langkah terbesar manusia adalah munculnya tukang batu. Yang semula tinggal di gua-gua atau rumah-rumah yang terbuat dari bumi, sekarang manusia sudah membangun rumahnya dari kayu dan batu dan batu bata. Mungkin tampak seperti sebuah perubahan kecil tetapi sebenarnya itu besar. Dan semakin lama kelamaan terbentuknya juga gedung, kota, dan bangunan2 lainnya. Ini merupakan suatu pemahaman baru tentang alam yang menjelaskan bahwa sesuatu yang Anda dapat diambil terpisah, memahaminya lalu kemudian dimasukkan kembali dengan cara baru. Ada lagi pemahaman lainnya yaitu pemahaman munculnya kota-kota. Bahwa tidak hanya secara fisik dengan memberikan bangunan yang diperlukan, tetapi juga dengan memberikan pemahaman baru tentang masyarakat manusia sebagai sesuatu yang terbuat dari bagian-bagian yang bekerja bersama-sama. Sebuah kota terdiri dari orang-orang yang bekerja sama dengan cara tertentu. Caranya adalah pembagian kerja, antai komando. Cara pembagian kerja contohnya adalah seorang pria melakukan satu jenis pekerjaan dalam hidupnya dan menjadi sangat bagus dengan penemuan-penemuan baru.

Tidak hanya para tukang batu, tetapi juga pengrajin lain. Sedangkan antai komando adalah sebuah kota atau orang-orang yang bertindak untuk mencapai hal-hal untuk kebaikan yang lebih besar, seperti pengendalian air irigasi. Informasi datang ke sebuah komandan atau penguasa di pusat. Manusia mulai mengenal arsitektur bangunan dan patung, hal tersebut membuat manusia mulai berbudaya dan mengenalkan kita kepada hal tersebut. Budaya yang mendorong manusia ingin terus berimajinasi dan mengembangkan struktur-struktur baru. Sejak dari zaman-zaman sebelumnya, mereka sudah mengenal arsitektur-arstektur bangunan. Namun budaya mendorong mereka untuk dapat berimajinasi lebih untuk memciptakan hal-hal baru dalam kehidupa mereka. Manusia membangun katedral Gothic bukan karena ia tiba-tiba dibutuhkan, tetapi karena ia bisa. Manusia senang sekali membuat hal-hal yang begitu banyak sehingga ia sering membuat sesuatu yang berguna dan lebih baik daripada dia harus merusak dunia. Yang pada gilirannya memungkinkan hal-hal yang akan digunakan di luar tujuan yang telah ditetapkan, mengarah pada cara-cara baru dalam melakukan perubahan sesuatu. Perkembangan ini terlihat lebih dominan pada bangsa romawi yang menciptakan patung serta bangunan-bangunan megah dengan arsitektur yang sangat hebat dan dipadukan dengan imajnasi para penduduk serta perkembangan budaya yang mendukungnya.

Pada dasarnya evolusi budaya-lah yang membuat manusia menjadi yang sekarang ini dengan proses yang panjang dan perkembangan pemikiran manusia yang ingin berubah lebih baik dari sebelumnya. Dengan memanfaatkan imajinasi mereka yang menyebabkan perkembangan ilmu dan teknologi dalam era sekarang ini. Hubungannya cerita ini yaitu, semakin tua bumi ini, semakin banyak perubahan yang ada. Kita tinggal di bumi ini memiliki sejarah. Contohnya sejarah Terbentuknya bumi ini kita dapat mengetahuinya karena adanya sejarah yang menceritakannya. Adanya bumi ini, karena adanya pula kehidupan, perkembangan, dan kemajuan dari jaman ke jaman. Dari jaman ke jaman itulah, bumi semakin berkembang. Hal ini didukung oleh, manusia yang sudah memiliki daya pikir yang cukup tinggi untuk memajukan dirinya, dan lingkungan yang ditempatinya. Kita sebagai manusia yang menempati lingkungan bumi, kita harus menjaganya dan merawatnya bukan merusaknya. Kita lakukan ini untuk kebaikan bersama agar bumi ini dapat bertahan lebih lama.


Penemuan-penemuan ilmiah dibuat selama sepuluh ribu tahun terakhir-dari domestikasi gandum dalam 8.000 SM ke struktur heliks ganda DNA pada 1950-an. “He describes the tools that extend the human hand as an instrument of vision- they reveal new structures and make it possible to put them together in imaginative combinations”. Dia menjelaskan alat-alat yang memperpanjang tangan manusia sebagai instrumen visi-mereka mengungkapkan struktur-struktur baru dan memungkinkan untuk menempatkan mereka bersama-sama dalam kombinasi imajinatif.
Salah satu langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah munculnya tukang batu. Alih-alih tinggal di gua-gua atau rumah-rumah yang terbuat dari bumi, manusia membangun rumahnya dari kayu dan batu dan batu bata. Mungkin tampak seperti sebuah perubahan kecil tetapi sebenarnya itu besar:

1. Ini menandai pemahaman baru tentang alam:

bahwa itu adalah sesuatu yang Anda dapat mengambil terpisah, memahami dan kemudian dimasukkan kembali bersama-sama dengan cara baru.

2. Ini memungkinkan munculnya kota-kota:

tidak hanya secara fisik dengan memberikan bangunan yang diperlukan, tetapi juga dengan memberikan pemahaman baru tentang masyarakat manusia sebagai sesuatu yang terbuat dari bagian-bagian yang bekerja bersama-sama.

Sebuah kota terdiri dari orang-orang yang bekerja sama dengan cara tertentu.

Khususnya :

a. pembagian kerja: seorang pria melakukan satu jenis pekerjaan seluruh hidupnya dan menjadi sangat bagus dalam hal itu, bahkan mungkin datang dengan penemuan-penemuan baru. Tidak hanya para tukang batu, tetapi juga pengrajin lain seperti tembikar, coppersmiths dan penenun.

b. rantai komando: yang memungkinkan sebuah kota atau orang-orang untuk bertindak sebagai salah satu dan mencapai hal-hal untuk kebaikan yang lebih besar, seperti pengendalian air irigasi. Informasi datang ke sebuah komandan atau penguasa di pusat dan comands mengalir keluar.

Ketika suku Inca jatuh ke tangan Spanyol pada 1532 mereka hanya pada tahap ini. Peradaban mereka dipotong pendek sebelum datang dengan roda, lengkungan atau bahkan menulis. Mereka menyimpan catatan pada string tersimpul disebut quipu, tetapi hanya angka yang tercatat bukan kata-kata. Orang-orang Yunani, meskipun cinta besar geometri, tidak pernah datang dengan lengkungan. Itu adalah penemuan Romawi. Dengan menyebarkan beban kolom diizinkan untuk memegang lebih banyak berat badan atau disebarkan jauh terpisah. Lengkungan Romawi dan kemudian Arab satu didasarkan pada lingkaran.

Seribu tahun kemudian pada 1100 Gothic terdengar lengkungan, oval atau menunjuk lengkungan dari katedral Gothic utara Eropa. Dengan menyebarkan beban lebih jauh daripada lengkungan Roma, bangunan bisa naik sampai 40 meter. Dan karena lengkungan, bukan dinding, sedang memegang bangunan, kemungkinan besar itu membuat jendela-jendela kaca-patri.

he Gothic arch adalah terobosan besar terakhir dalam arsitektur sampai 1800-an dengan munculnya bangunan-bangunan yang dibuat dengan kerangka baja.

Manusia membangun katedral Gothic bukan karena ia tiba-tiba dibutuhkan besar, gereja-gereja yang indah, tetapi karena ia bisa. Manusia senang sekali membuat hal-hal, begitu banyak sehingga ia sering membuat mereka lebih baik daripada dia harus. Yang pada gilirannya memungkinkan hal-hal yang akan digunakan di luar tujuan yang telah ditetapkan, mengarah pada cara-cara baru dalam melakukan sesuatu – teknologi.

Mengambil hal-hal yang terpisah dan menempatkan mereka kembali bersama-sama meletakkan landasan bagi lebih dari sekadar arsitektur dan kota-kota tetapi juga bagi pemahaman baru tentang alam – yang pada waktu menjadi ilmu pengetahuan.

Manusia mulai mengenal arsitektur bangunan dan patung, hal tersebut membuat manusia mulai berbudaya dan mengenalkan kita kepada hal tersebut. Budaya yang mendorong manusia ingin terus berimajinasi dan mengembangkan struktur-struktur baru. Sejak dari zaman-zaman sebelumnya, mereka sudah mengenal arsitektur-arstektur bangunan. Namun budaya mendorong mereka untuk dapat berimajinasi lebih untuk memciptakan hal-hal baru dalam kehidupa mereka.

Perkembangan ini terlihat lebih dominan pada bangsa romawi yang menciptakan patung serta bangunan-bangunan megah dengan arsitektur yang sangat hebat dan dipadukan dengan imajnasi para penduduk serta perkembangan budaya yang mendukungnya.

Pada dasarnya evolusi budaya-lah yang membuat manusia menjadi yang sekarang ini dengan proses yang panjang dan perkembangan pemikiran manusia yang ingin berubah lebih baik dari sebelumnya. Dengan memanfaatkan imajinasi mereka yang menyebabkan perkembangan ilmu dan teknologi dalam era sekarang ini.

Kamis, 24 Maret 2011

THE ASCENT OF MAN - THE HARVEST OF THE SEASON

THE HARVEST OF THE SEASON

Kebangkitan peradaban manusia melalui Bercocok tanam
 
             Dalam bab selanjutnya terdapat bab The Harvest of Season yaitu awal migrasi manusia, pertanian,permukiman pertama, dan perang. Langkah terbesar dalam pendakian manusia 
adalah perubahan dari cara hidup nomaden ke desa pertanian, yang dimungkinkan oleh 
serangkaian peristiwa alam dan manusia. Pertanian menetap menciptakan teknologi darimana 
semua ilmu lepas landas.
            Mereka mulai migrasi diakibatkan oleh suatu hal yang mendasar yaitu akibat bahan makanan mulai menipis serta juga cuaca yang ekstrim. Mereka bermigrasi ketemapat yang mereka belum tempati dan untuk melihat dunia yang baru. Pada asaat ini mereka sudah menggunakan alat tombak yang ujungnya terbuat dari tulang hewan ataupun dari batu untuk berjaga diri sendiri maupun kelompok mereka. 
          
Awal mereka bermukim adalah pada masa Prasejarah mereka sudah mulai menetap disuatu tempat, meramu dan menggunakan alat-alat pertanian ataupun rumah tangga yang sudah agak modern. Misalkan alat- alat yang terbuat dari gerabah
            Sejarah manusia itu sangatlah unik, disana ada evolusi biologi, hal-hal yang memisahkan kita dari nenek moyang kita yaitu “kera”.Nenek moyang kita menghuni bumi selama beberapajuta tahun, di dalamnya pastilah mengandung sejarah kebudayaan mereka suatu peradaban panjang  yang lama-kelamaan telah dipisahkan dari kehidupan kita, yaitu berburu, yang kita dapat dari nenek moyang kita di Afrika, atau kebudayaan mengumpulkan makanan dari nenek moyang kita di Australia. Lalu yang kedua, ternyata beberapa ribu tahun yang lalu juga terdapat kesenjangan budaya di dalam kehidupan manusia prasejarah ini, hal ini lalu kembali lagi hanya sekitar dua belas ribu tahun  .Mulai dari sekarang saya hanya akan mebahas mengenai dua puluh ribu tahun yang lalu dari kehidupan nenek moyang kita. Ternyata, disana terdapat segala hal mengenai pendakian manusia yang sedang kita pikirkan sekarang.
            Di butuhkan minimal dua juta tahun untuk merubah manusia dari makhluk gelap kecil dengan batu ditangannya, Australopithocusdi Afrika Tengah, kebentuk yang lebih modern, yaituHomo sapiens.Itulahkecepatandarievolusibiologi – meskipun begitu, kecepatan evolusi biologi manusia ternyata lebih cepat dari evolusi biologi hewan lainnya.Tapi dibutuhkan lebih kurang dua puluh ribu tahu nuntuk sebuah Homo sapiens menjadi makhluk yang anda dan saya inginkan : artis dan peniliti, pembangun kota dan perencanaan untuk masa depan, pembaca dan pelancong, semangat untuk menjelajah fakta dari alam dan emosi manusia, sangatlah kaya akan pengalaman dan keberanian dalam berimajinasi dari pada leluhur – leluhur kita. Inilah dia kecepatan dari evolusi budaya ;sekali hal ini pergi, dia pergi sebagai perbandingan dari dua nomer yang pergi, sedikit nya seratus kali lebih cepat dari evolusi budaya itu sendiri.
            Sekali dia pergi inilah kata terpenting. Ada satu pertanyaan,“Mengapa perubahan budaya yang membuat manusia manguasai bumi bermula baru-baru ini ?” sekitar dua puluh ribu tahun yang lalu,manusia dengan seluruh bagian yang ada di dunia yang dia miliki sampailah pada diri seorang penjelajah dan diri seorang pemburu,hal ini dengan beberapa karakterristik yaitu, mereka lebih mahir untuk bergerombolan ketika bergerak dalam berburu,seperti yang masih sering dilakukan orang-orang Lapps sampai sekarang. Sepuluh ributahun pun telah berlalu, nenek moyang kita mulai dari beberapa tempat untuk hidup, sampai dengan menjinakkan beberapa hewan dan menanam beberapa tumbuh-tumbuhan disekitar daerah tempat tinggal mereka.
            Kita bias mengkapapa yang terlihat dan, apa yang sekan-akan, bau dari sebuah sungaies. Musim semi di Iceland dapat memutar balik keadaan menjadi seperti di zamanes, tetapi sesekali musim semi kembali kesemuadaratan Eropa dan Asia ketika musim es berakhir.Perjalanan hidup manusia itu sendiri, harus melewati kesulitan yang luar biasa, mereka mengembara dari Afrika lebih dari satu juta tahun yang lalu, mereka bertarung melewati zamanes, dan akhirnya menemukan tanah yang telah berbunga dan dikelilingi oleh hewan-hewan disekitarnya, dan mereka bergerak kejenis yang berbeda dari kehidupan ini.
            Hal diatas biasa dipanggil dengan perubahan dalam pertanian. Tapi saya piker perubahan itu adalah sesuatu yang lebih“liar” lagi, yaitu evoulusi biologi. Ada hal yang saling berkaitan dalam bercocok tanam dan proses menjinakkan hewan. Lalu dibawah pergerakan evolusi yang sangat penting ini, manusia sangat dominan terhadap lingkungan nya dalam sapek yang sangat penting tentunya, tidak secara fisik tapi dalam sebuah tingkatan kehidupan – tumbuhan dan hewan, bersamaan dengan hal ini, datanglah kekuatan keseimbangan alam, tentang perubahan social secara besar-besaran. Sekarang hal ini menjadi instrument terpenting bagi manusia untuk dapat menetap disuatu tempat.Lalu manusia membuat keputusan yang penting apakah dia harus berhenti menjadi pengembara dan beralih disuatu tempat, untuk menjadi penduduk desa yang menetap didaerahnya. Masih ada beberapa penjelajah yang masih sering bepergian dari satu tempat ketempatlainnya, melewati perjalanan trans manusia yang luas dari satu tanah, ke tanah lainnya suku Bakhtiari di Persia sebagai contohnya. Untuk dapat lebih mengerti masalah ini, anda harus pergi bersama, dan menetap bersama mereka,  untuk mengerti bahwa peradaban tidak akan dapat dibuat didalam perjalanan.
            Segalanya didalam kehidupan pengembara sudah sangat lama sekali, Suku Bakhtiari selalu pergi dengan kelompok mereka sendiri. Seperti pengembara lainnya, mereka berpikir bahwa mereka semua adalah satu keluarga. Anak dari seorang pendiri mereka. (Sama seperti orang yahudi memanggil diri mereka sendiri sebagai anak dari Israel atau Jacob). Suku Bukhtiari mengambil nama mereka dari penggembala legendaris Mongolia, Bakhtyar. Legenda asal mula merekapun dimulai Dan ayah dari orang-orang kita, manusia bukit.Bakhtyar, keluar dengan sangat cepat dari sisi selatan pegunungan dalam waktu kuno. Benih nya banyak sekali, seperti batu yang berserakan di pegunungan, dan orang-orangnya pun makmur.
            Istri pertama Bakhtyar memiliki tujuh anak laki-laki, ayah dari tujuh bersaudara garis dari orang-orang kita. Istri keduanya memiliki empat anak laki-laki. Dan anaklaki-laki kita akan mengambi listri-istri mereka dari saudara perempuan mereka dari tenda saudara laki-laki ayah mereka, supaya tanda-tanda lainnya dapat tersebar.
            Sebelum sepuluh ribu tahun sebelum masehi, para pengembara selalu mengikuti sifat migrasi alamiah mereka. Tapi domba dan kambing tidak mempunyai sifat migrasi natural.Mereka dijinakkan sekitar sepuluh ribu tahun yang lalu – hanya anjing yang menjadi pengikut tertua mereka dan ketika manusia menjinakkan hewan – hewan ini, dia mengambil tanggung jawab dari alam  bahwa pengembara ini harus memimpin kawanan yang tidak berdaya ini sampai ketempat migrasi mereka.
            Peran seorang wanita di dalam rombongan pengembara sangat mudah untuk didefinisikan. Fungsi utama dari seorang wanita adalah memberikan anak kepada para pria terlalu banyak anak perempuan akan menimbulkan kemalangan, karena dalam perjalan panjang kawanan ini, mereka akan mengadapi bencana. Terpisah dari hal diatas, tugas mereka selanjutnya adalah menyiapkan makanan dan pakaian. Sebagai contoh, perempuan – perempuan di tengah suku bakhtiari sering membakar roti. Tapi mereka makan setelah para pria selasai memakan roti mereka. Seperti laki-laki hidup dari wanita ada ditengah – tengah kawanan suku pengembara ini. Mereka menyusi kawanan ini ketika kecil dulu, lalu mereka membuat sebuah yogurt dari susu dengan memutar nya ke dalam sebuah tas dari kulit kambing dengan sebuah perkakas kayu primitive. Mereka hanya membutuhkan teknologi yang sederhana yang bias membawa mereka kedalam perjalanan sehari-hari dari satu tempat, ketempat lainnya. Kederhanaan tidaklah romantis ini adalah masalah bertahan hidup. Segalanya haruslah ringan untuk dibawa, untuk dipersiapkan kepada kelompok mereka setiap petang dan untuk di bungkus kembali setiap pagi.
            Yang menjadi langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah perubahan dari pengembara kemasayarkat yang mulai bertani. Ledakan dari tumbuhan barupa diakhir zamanes, gamdum hibrida pun muncul di timur tengah. Itu terjadi dibanyak tempat :tempat yang khusus adalah oasis purba Jericho.
            Jericho sendiri lebih tua dari bercocok tanam. Orang pertama yang dating kemari dan menetap dengan mata air Jericho,dalam hal ini tanah terpencil dimana orang-orang mulai memanen gandum, tapi tidak ada satu orang pun disana yang tahu bagaimana cara menananam gandum. Kita tahu ini karena mereka membuat perkakas untuk memanen gandum secara liar, dan ini adalah bagian yang luar biasa untuk tahu keperluan mereka dimasa depan. Mereka membuat sabit dari batu api yang telah bertahan . John Garstang menemukan mereka ketika dia sedang menggali di sanatahun 1930.  Sabit purba dibuat dengan gagang dari tanduk rusa, atau tulang.

          Ini ambil paling sedikit dua juta tahun untuk orang ubah dari gelap kecil ciptaan dengan batu pada tangannya, Australopithecus di Afrika Pusat, ke bentuk modern, Sapiens homoseksual. Yang langkah dari evolusi biologi – sungguhpun evolusi biologi dari orang telah lebih cepat dibandingkan yang lain binatang. Tapi yang ini telah mengambil banyak kurang dari duapuluh ribu tahun untuk Homoseksual Sapiens untuk menjadi ciptaan yang kamu dan aku bercita-cita: artis dan ahli sains, ahli bangunan kota dan perencana untuk masa depan, pembaca dan pelancong, penjelajah ingin dari fakta alami dan emosi manusia, sekali lebih kaya di pengalaman dan bolder di imajinasi dibandingkan apapun nenek moyang kita. Yang langkah dengan evolusi budaya; satu kali ini buka, pergi ini sebagai rasio dari itu dua pergi angka, paling tidak seratus kali evolusi lebih cepat dibandingkan biologi.
            Satu kali ini buka: yang frasa rumit. Kenapa perubahan budaya yang mempunyai membuat orang sarjana dalam ilmu bumi memulai sangat baru-baru ini? Duapuluh ribu tahun berselang anak-buahi di semua bagian dari dunia yang dia telah menjangkau adalah satu forager dan satu pemburu, siapa paling ilmu pengetahuan tentang teknik lanjutan adalah untuk menyertakan sendiri ke satu gembala berpindah sebagai Lapps masih lakukan. Oleh tahun ribu sepuluh berselang yang mempunyai berubah, dan yang dia telah mulai di beberapa tempat untuk membiasakan beberapa binatang dan untuk menanami beberapa pabrik; dan yang adalah perubahan dari peradaban yang mana buka. Ini luar biasa untuk memikirkan bahwa hanya pada terakhir duabelas ribu tahun yang punya peradaban, saat kita memahami ini, dibuka.  Di sana harus adalah satu eksplosi luar-biasa. Ini adalah akhir dari Zaman Es terakhir.
Ini biasanya dipanggil ’ revolusi pertanian ’. Tapi aku berpikir dari ini seperti sesuatu banyak lebih luas, revolusi biologi. Di sana dijalin di dalamnya cocok tanam dari pabrik dan penjinakan dari binatang pada satu semacam lompatan katak. Dan di bawah sini operasikan perbuatan nyata rumit orang itu mendominasi lingkungannya di dalamnya paling penting aspek, tidak secara fisik kecuali pada taraf dari makhluk hidup palnts dan binatang. Dengan yang di situ datangi satu dengan sama revolusi sosial powerfull. Karena sekarang ini menjadi mungkin lebih dari tersebut, ini jadi diperlukan – untuk menganak-buahi atasi. Dan ciptaannya yang telah menjelajahi dan berbaris untuk satu juta tahun yang harus membuat keputusan rumit: apakah akan dia gencat satu nomad dan menjadi satu orang desa. Kita punya satu rekaman anthoropological dari berjuang dari hati nurani dari seseorang yang membuat keputusan ini: rekaman adalah Kitab Injil, Buku Perjanjian Lama. Aku meyakini peradaban itu bersandarkan keputusan itu. Seperti untuk orang-orang siapa jangan terbuatnya, ada sedikit orang yang selamat. Terdapat beberapa nomad suku yang masih membicarakan secara tuntas ini luas transhumance bepergian dari sesuatu menyerempet asas ke lain: Bakhtiari di Ajam, antara lain. Dan kamu yang punya sebenarnya untuk dilaksanakan perjalanan dengan mereka dan kehidupan dengan mereka untuk memahami peradaban itu tidak pernah dapat tumbuh senantiasa bergerak.
            Segalanya di hidup nomad adalah tanpa tanda peringatan. Bakhtiari Yang selalu telah berjalan-jalan sendirian, sangat tak terlihat. sukai nomad lain, mereka berpikir dari diri mereka sendiri seperti sekeluarga, anak lelaki dari pendiri tunggal. (pada cara yang sama bangsa yahudi dipergunakan untuk panggil themselve anak-anak dari israel atau Jacob). bakhtiari mengambil nama mereka dari satu gembala legendary dari waktu Mongol, Bakhyar. legenda dari asal mereka sendiri yang mereka katakan dari dia berawal.
            Dan ayah dari orang bukit orang-orang kita, Bakhtyar, keluar dari kecepatan dari southren gunung di era zaman purba. bijinya adalah sebanyak goyang pada gunung, dan orang-orangnya makmurkan.
Gema tentang kitab injil membunyikan berulang-ulang sebagai cerita lanjutkan.  kepala keluarga Jacob Yang punya dua isteri, dan telah kerjakan sebagai satu gembala untuk tujuh tahun untuk masing-masing sebesar mereka. bandingkan kepala keluarga dari Bakhtiari:
Yang pertama istri dari Bakhtyar Yang punya tujuh anak lelaki, ayah dari tujuh baris saudara dari orang-orang kita. istri detiknya punya empat anak lelaki. dan anak lelaki kita harus mengira isteri anak perempuan dari ayah mereka tendanya saudara, kalau-kalau berkumpul dan tenda menjadi dispersi.
Sebelum 10000 nomad  BC orang-orang dipergunakan untuk ikuti migrasi alami dari gembala liar. tapi biri-biri dan kambing tidak punya migrasi alami. mereka yang pertama tentang ribu sepuluh terbiasa tahun berselang hanyalah anjing adalah satu pengikut berkemah alder dibandingkan tersebut. dan ketika menganak-buahi mereka terbiasa, dia tanggung tanggungjawab dari sifat alami; nomad harus memimpin gembala tanpa pengharapan.
Peran dari wanita di suku nomad di narowlly mendefinisikan. di atas semua, fungsi dari perempuan adalah untuk menghasilkan anak-anak orang-orang; terlalu banyak anak-anak dia adalah satu kemalangan langsung, karena pada akhirnya mereka mengancam bencana. terpisah dari tersebut, bea mereka tiduran mempersiapkan makanan dan pakaian. antara lain, perempuan antara Bakhtiari membakar roti pada etika tentang kitab injil, pada kue tidak beragi pada batu panes. tapi para wanita dan masa penantian perempuan untuk memakan hingga yang orang-orang telah makan. orang-orang seperti, lives dari pusat perempuan pada berkumpul. mereka memperah susu gembala, dan mereka membuat satu yoghurt bergumpal dari susu dengan mengocok ini pada satu kantong kulit kambing pada satu bingkai kaku primitif. mereka punya hanyalah teknologi sederhana taht dapat ditangani harian mengadakan perjalanan dari menempatkan tempatkan. kesederhanaan tidak romantis; ini adalah satu hal survival. everthing harus tersinari cukup dibawa, untuk dibuat tiap sore dan dikemasi jauh lagi tiap pagi. ketika wol spin perempuan dengan sederhana mereka, alat masa lampau, ini adalah untuk penggunaan langsung, untuk membuat reparasi yang penting pada perjalanan tidak ada lagi.
Tidaklah mungkin pada hidup nomad untuk membuat hal-hal yang tidak akan diperlukan untuk beberapa minggu. mereka tidak dapat dibawa. dan sesungguhnya Bakhtiari tidak mengetahui bagaimana caranya membuat mereka. kalau mereka memerlukan teko logam, mereka mengukarkan mereka dari orang-orang teratasi atau dari satu kasta pekerja gipsi siapa specialise pada logam. satu kuku, satu pijakan kaki, satu anak-anakan, atau satu belnya anak adalah apapun yang ditukar dari luar suku. hidup bakhtiari adalah juga sempit untuk mempunyai waktu atau keterampilan untuk specialisation. ada tidak ada kamar untuk inovasi, karena di situ dan pergi semua hidup mereka, untuk mengembangkan satu alat baru atau satu baru thougth tidak bahkan suatu nada baru. satu-satunya adat kebiasaan yang terus hidup adalah adat kebiasaan yang tua. satu-satunya ambisi dari anak lelaki adalah untuk seperti ayah.
 Ini adalah hidup tanpa fitur. tiap malam adalah akhir dari satu hari seperti terakhir, dan tiap pagi akan begining dari satu perjalanan seperti hari sebelum. ketika pecah hari, ada satu pertanyaan di semua orang urus: dapat berkumpul menjadi peroleh dalam yang akan datang kelulusan tinggi? Satu hari pada perjalanan, kelulusan paling tinggi dari semua harus diseberangi. ini adalah Zadeku kartu tanda lewat, duabelas ribu foot tinggi pada Zagros, yang berkumpul harus bagaimanapun juga menggelut melalui atau susup di dalamnya jangkauan bagian atas. untuk suku harus maju, gembala harus menemukan gembala lagi tiap hari, karena di pengembalaan kemuliaan ini dilelahkan di hari tunggal.
Setiap tahun Bakhtiari menyeberangi enam jangkauan pegunungan pada perjalanan keluar (dan seberangi mereka lagi untuk kembali). mereka berbaris melalui salju dan banjir bersemi siram. dan di hanyalah sesuatu menghormati mempunyai hidup mereka memajukan berada di luar ribu sepuluh tersebut tahun berselang. nomad dari saat itu yang harus melaksanakan perjalanan berjalan kaki dan membawa pak mereka sendiri. Bakhtiari Yang punya kuda binatang beban, keledai, keledai yang mempunyai hanyalah telah dibiasakan sejak saat itu. tidak ada yang lain pada hidup mereka adalah baru. dan tidak ada apapun adalah mengesankan. Nomad tidak punya tanda peringatan, bahkan ke mati (Yang Bakhtyar, yang Jacob terpendam?) Satu-satunya gundukan tanah yang bangun mereka adalah untuk menandai jalannya di tempat demikian sebagai Kelulusan dari perempuan, curang tapi lebih mudah untuk hewan dibandingkan kelulusan tinggi.
migrasi bersemi dari Bakhtiari adalah satu pengembaraan gagah berani; dan namun Bakhtiari adalah tidak begitu banyak gagah berani sebagai orang yang tabah. mereka diundurkan diri karena tidak dimanapun juga pimpinan pengembaraan. gembala musim panas themselve hanya akan menjadi satu stop anak-anak tidak sama dengan palce dari Israel, untuk mereka di situ adalah tidak ada darat dijanjikan. kepala dari yang keluarga telah mengerjakan tujuh tahun, seperti Jacob lakukan, untuk membangun satu berkumpul dari lima puluh biri-biri dan kambing. dia mengharapkan untuk kehilangan sepuluh mereka pada imigration kalau hal-hal pergi baik. kalau mereka pergi dengan sangat buruk, dia mungkin kehilangan duapuluh di luar pagar dari itu lima puluh. itu adalah aneh dari hidup nomad, tahun di dan tahun keluar. dan berada di luar tersebut, pada akhir dari perjalanan, di sana akan masih menjadi kecuali tidak ada apapun satu tak terukur, pelepasan jabatan tradisional.
Siapa mengetahui, di tiap orang tahun, apakah yang tua ketika yang mereka telah menyeberangi kartu tanda lewat akan mampu untuk rupa final uji: penyeberangan dari Sungai Bazuft? tiga bulan air pelelehan telah membengkak sungai. tribesmen, perempuan, binatang beban dan berkumpul adalah semua lelah. ini akan mengambil satu hari untuk menghajar berkumpul ke seberang tiver. tapi ini, di sini, sekarang adalah hari test. hari ini adalah hari pada yang mana muda menjadi orang-orang, karena survival dari gembala dan keluarga bergantung kepada kekuatan mereka. menyeberangi Sungai Bazuft seperti penyeberangan Jordan; ini adalah baptis ke kedewasaan. untuk anak muda, hidup untuk beberapa saat nampak hidup sekarang. dan untuk yang tua untuk yang tua, ini meninggal.
Apa yang terjadi untuk yang tua ketika. mereka tidak dapat menyeberangi sungai terakhir? tidak ada apapun. Mereka tinggalkan memeninggal. hanyalah anjing dibingungkan untuk melihat satu orang satu bandoned. orang menerima adat nomad; dia telah datang ke akhir dari perjalanannya, dan di situ adalah tidak ada menempatkan pada bagian akhir.
Jericho adalah lebih tua dibandingkan pertanian. yang pertama orang-orang yang datang kemari dan diatasi oleh bersemi di ini jika tidak asas hancur adalah orang-orang yang memanen gandum, tapi belum mengetahui bagaimana caranya mengebunkan ini. kita mengetahui ini karena mereka membuat alat untuk panen liar, dan yang adalah satu potongan luar-biasa dari bidik-depan. mereka membuat di luar pagar arit dari batu api yang mana telah terus hidup; Jhon Garstang mendirikan mereka ketika dia sedang menggali sini pada 1930. arit masa lampau tepi akan telah disetel di masing-masing horn rusa, atau tulangi.
Di sana tidak lagi terus hidup, berdasarkan pada hll atau tel dan ini miringkan, semacam gandum liar itu orang setempat paling awal panen. tapi lalang itu masih sini harus terlihat sangat seperti gandum yang mereka dirikan, bahwa mereka mengumpulkan untuk pertama kali oleh segenggam, dan potong dengan yang sawing bergerak pada arit pengetam itu telah pergunakan bagi seluruh tahun ribu sepuluh sejak itu. yang Natufian pra civilisation pertanian. dan, tentu, ini tidak dapat bertahan. ini berada di atas susur dari makin pertanian. dan yang adalah hal berikutnya yang terjadi pada Jericho Tel.
            Namun di situ adalah apapun bahkan orang asing. sekarang kita yang punya satu telinga indah dari gandum, tapi sesuatu yang yang tidak akan pernah terangin-angin pada angin karena telinga adalah juga ketat untuk pisahkan. dan kalau aku mematahkan ini atas, kenapa, kemudian sekam terbang kabur dan tiap-tiap reruntuhan buah biji-bijian persis dimana ini tumbuh. biar aku mengingatkan kamu, itu sangat berbeda dari gandum liar atau dari yang pertama, bastar primitif, Emmer. di bentuk primitif itu telinga adalah jauh lebih buka, dan kalau telinga memisahkan maka kamu memperoleh benar-benar akibat berbeda kamu memperoleh buah biji-bijian yang yang akan terbang pada angin. gandum roti telah kehilangan bahwa kemampuan. tiba-tiba, orang dan pabrik sudah tiba bersama-sama. orang punya satu gandum yang dia lives oleh, tapi gandum juga memikirkan orang itu dibuat untuk dia sebab hanyalah sangat dapatnya menjadi sebarkan. untuk gandum roti dapat hanya memperbanyak dengan pertolongan; orang harus memanen telinga dan menyebar biji mereka; dan hidup dari masing-masing, orang dan pabrik, bergantung kepada yang lain. ini adalah satu dongeng peri benar dengan genetik, seperti kalau keturunan civilisation telah diberkahi sebelumnya oleh semangat dari Gregor Mendel kepala biarawan.
            Satu kata penghubung bahagia dari peristiwa alami dan manusia menciptakan pertanian. pada Masa Lampau yang terjadi sekitar ribu sepuluh tahun berselang, dan ini terjadi pada Bulan Sabit biak dari timur tengah. tapi ini sungguh pasti terjadi lebih dari satu kali. pertanian certanly hampir ditemukan lagi dan dengan mandiri pada Dunia Baru atau seperti itu kita bersandar bukti kita sekarang punyai jagung itu orang dibutuhkan menyukai gandum. seperti untuk Timur Tengah dia, pertanian terangin-angin di sini dan di sana berlalu slop kemiringan berbukit-bukitnya, dari yang mana pendakian dari Laut Mati ke Judea, daerah pedalaman dari Jericho, ada di satu karakteristik terbaik potongan dan tidak ada lagi. pada satu rasa harafiah, pertanian mungkin untuk mempunyai beberapa awal pada Bulan Sabit Biak, beberapa di antara mereka sebelum Jericho.
Tiba-tiba pada waktu itu Jericho ditransformasikan. orang-orang datang dan segera jadi iri dari jiran mereka, sehingga yang mereka yang harus membentengi Jericho, arahkan ini ke dalam satu kota berdinding, dan bangun satu menara besar, sembilan ribu tahun berselang. menara adalah tigapuluh foot ke seberang pada dasar dan, untuk sesuaikan, hampir tigapuluh foot sungguh-sungguh mendalam. dan mendaki di sisinya lapisan pelahiran maksud penggalian pada saat lapisan dari civilisation masa lalu: awal pra barang tembikar orang-orang, berikutnya pra barang tembikar orang-orang, keturunan barang tembikar tujuh ribu tahun berselang; tembaga awal, gangsa awal, midlle merahtuakan. masing-masing sebesar civilisation ini datangi, menaklukkan Jericho, memakamkan ini, dan bangun sendiri atas; sehingga itu terletak menara tidak begitu banyak pada empatpuluh lima foot tanah seperti pada empatpuluh lima foot civilisations masa lalu.
            Jericho adalah satu mikrokosmos riwayat. di sana akan situs lain dirikan di tahun datang (terdapat beberapa sesuatu baru yang penting telah) yang yang akan berganti gambar kita dari awal dari civilisation. namun kekuatan untuk menggantikan tempat ini, penampakan mundur sepanjang pendakian dari manusia modern, dalam dalam hati dan di emosi dengan sama. ketika aku adalah satu anak muda, kita semua pikir penguasaan itu berasal dari dominasinya orang dari lingkungan fisiknya. sekarang kita yang punya belajar bahwa penguasaan kenyataan berasal dari pemahaman dan mencetak lingkungan hidup. yang bagaimana menganak-buahi dimulai pada Bulan Sabit biak ketika dia meletakkan tangannya pada pabrik dan binatang dan, di belajar untuk hidup dengan mereka, mengubah dunia untuk kebutuhannya. ketika Kathleen Kenyon ulang ditemukan menara masa lampau pada 1950, dia mendirikan bahwa ini adalah berongga; dan ke aku, tangga rumah ini adalah sejenis satu proot, satu lubang pengintip ke dasar goyang dari civilisation. dan dasar goyang dari civilisation adalah hidup menjadi, tidak dunia fisik.
Tak seorangpun yang dibawakan berdasarkan pada Buku Perjanjian Lama, seperti aku, dapat meninggalkan Jericho tanpa minta dua pertanyaan; Lakukan Apakah akhirnya menghancurkan kota ini? dan lakukan tembok alangkah datangi terguling bawah? itu adalah pertanyaan yang membawakan orang-orang ke lokasi ini dan putaran ini ke dalam satu legenda hidup. untuk yang pertama pertanyaan, ada satu jawaban mudah: Ya. bangsa dari israel suku sedang memperangi untuk memperoleh ke dalam Bulan Sabit biak yang mana dioperasikan atas pantai Mediteranian, penggelunturan pegunungan dari Anatolia, dan putuskan ke arah Tigris dan Euphrates. dan sini di Jericho adalah kunci itu terkunci cara mereka atas pegunungan dari Judea dan terbongkar ke dalam daerah subur Mediterania. mereka ini harus taklukkan, dan mereka lakukan sekitar 1400 BC tentang tiga ribu tigaratus ke tiga ribu empat ratus tahun berselang. cerita Kitab Injil bukan dicatat hingga barangkali 700 BC; yang, rekening akan dua ribu enam ratus tahun usia sebagai satu rekaman tertulis.
Tapi lakukan tembok mendatangi terguling bawah? kita tidak mengetahui. ada tidak ada bukti arkeologis di sini lokasi itu saran itu seperangkat sesuatu tembok hari baik alangkah mencurah flat. tapi banyak setelan dari tembok mencurah, di waktu yang berbeda. terdapat sebuah Umur Perunggu periode sini dimana seperangkat tembok dibangun kembali paling tidak enam belas kali. karena ini adalah negara gempa. ada gemetaran sini masih tiap hari; ada empat berguncang utama di abad. itu hanyalah di tahun terakhir yang kita yang telah datang ke undestand kenapa gempa mengoperasikan sepanjang lembah ini. terletak laut merah dan Laut Mati sepanjang satu lestarian retak lembah besar dari Afrika Timur. di sini dua diantara lempeng angkut itu daratan saat mereka terapung pada baju hujan denser dari kendara bumi berdampingan. seperti mereka thurst yang lampau satu sama lain sepanjang retak ini, permukaan dari bumi echoes ke goncangan sumur itu atas dari di bawah. sebagai hasil, gempa selalu telah meletus sepanjang poros pada yang mana terletak Laut Mati. Dan pada pandanganku itulah kenapa Kitab Injil adalah penuh dengan ingatan dari keajaiban alami: beberapa banjir masa lampau, beberapa kering berlari dari Laut Merah, Jordan kering berlari, dan tembok dari Jericho menggagalkan. 
            Kitab injil adalah satu riwayat curiga, pisahkan cerita rakyat dan rekaman bagian. riwayat adalah, tentu, ditulis oleh pemenang, dan Israelis, ketika mereka meledakkan melalui sini, dijadi pembawa dari riwayat. kitab injil adalah cerita mereka: riwayat dari seseorang yang punya berhenti menjadi nomad dan kepastoran dan harus menjadi satu suku pertanian.
            Bertani dan peternakan tampak pengejaran sederhana, tapi arit Natufian adalah satu sinyal untuk memperlihatkan kita bahwa mereka tidak diam tidak bergerak. tiap-tiap langkah pada penjinakan dari hidup pabrik dan binatang memerlukan penemuan, mulai yang sebagai alat teknis dan dari yang mengalir prinsip ilmiah. alat dasar dari nimblefingered memikirkan terletak sekitar, tidak mempengaruhi, di apapun desa dimanapun di dunia. persediaan melimpah mereka dari keahlian kekecilan dan akal dan tipu muslihat adalah sebagai banyak akal, dan pada satu rasa dalam seperti penting pada pendakian dari orang, seperti semua piranti dari fisika inti: goda, jarum penggerek, teko, anglo, sekop, kuku, dan sekrup, embusan, dawai, simpul, bayangi, pakaian kuda, cangkuk, tombol penekan, sesuatu sepatu dapat menyebutkan seratus dan tidak menghadang untuk nafas. kesempurnaan berasal dari saling mempengaruhi dari penemuan; satu budaya adalah satu pendarab ide, dimana masing-masing alat baru percepat dan perbesar kekuatan dari sisa.
            Mengatasi pertanian menciptakan satu teknologi dari yang mana semua fisika, semua pengetahuan buka. ketika yang dapat melihat ini pada perubahan dari arit awal untuk mendiang. pada mulanya mengerling mereka melihat sangat banyak mirip: arit dari tahun ribu sepuluh berselang gatherer, dan arit dari sembilan ribu tahun berselang ketika gandum ditanami. tapi lihat lebih lekat. gandum ditanami adalah sawed dengan satu tepi bergigi tajam: karena kalau kamu memukul gandum, kemudian akan buah biji-bijian curah ke halus; tapi kalau kamu gergaji perlahannya, buah biji-bijian akan diselenggarakan pada telinga dari jagung. dan arit telah ditiru ini selalu sejak itu ke dalam waktu kanak-kanakku pada perang dunia pertama, ketika arit dibengkok dengan tepi bergigi tajam masih apa kamu memotong gandum dengan. satu teknologi seperti tersebut, pengetahuan fisik menyukai tersebut, datangi ke kami di luar pagar dari tiap-tiap bagian dari hidup pertanian sangat secara spontan yang kita merasakan seperti kalau ide menemukan orang, rada dibandingkan yang lain cara tentang.
            Penemuan yang paling kuat pada semua pertanian adalah, tentu, bajak. kita berpikir dari bajak sebagai satu baji membagi tanah. dan baji adalah satu mekanis awal yang penting penemuan. tapi bajak juga apapun jauh lebih fundamental: ini adalah satu ungkit yang mengangkat tanah, dan ini adalah antara yang pertama aplikasi dari prinsip dari ungkit. ketika, merindukan setelah itu, Archimedes menjelaskan teori dari ungkit ke Yunani, dia mengatakan itu dengan satu fulkrum untuk ungkit dia dapat menggerakkan bumi. tapi ribuan tahun sebelum itu ploughmen dari timur tengah sedang mengatakan ' Memberikan aku satu ungkit dan aku akan memberi makan bumi '.
            Aku punya ulang bertanda bahwa pertanian ditemukan paling tidak sekali lagi, banyak kemudian, di Amerika. tapi bajak dan roda bukan, karena mereka bergantung kepada campuran animal.the melangkah berada di luar sederhana pertanian di timur tengah adalah penjinakan dari binatang campuran. kegagalan untuk membuat biologi itu gerakan mempertahankan belakang Dunia Baru pada taraf dari pentung gali dan pak; ini bahkan tidak tanpa diduga rodanya pembuat barang tembikar.
Roda ditemukan untuk pertama kali sebelum 3000 BC di apa kini penemuan selatan awal Russia.these adalah roda kaku yang kekar menyertakan ke satu getek lebih tua atau pengeretan untuk isi gambar, yang di situ oleh adalah convertedinto satu cart.from kemudian pada dan poros sumbu roda menjadi akar ganda dari penemuan yang mana tumbuh. antara lain, ini diarahkan ke dalam satu instrumen untuk gandum gerinda dan mempergunakan kekuatan dari sifat alami untuk lakukan tersebut; kekuatan hewan pertama, dan kemudian kekuatan dari angin dan air. roda menjadi satu model bagi seluruh gerak dari gantian, satu norma keterangan dan satu lambang surgawi dari lebih dari manusia daya di pengetahuan dan di seni matahari alike.the adalah satu kereta perang roda, dan langit sendiri adalah satu roda, bentuk waktu yang babilonia dan dipetakan Yang Yunani pemutaran dari atsir penuh bintang. di alami pengetahuan modern gerak (yang, gerak tak terganggu) masuk satu garis lurus; tapi untuk pengetahuan Yunani, bentuk dari mation bahwa tampak alami (yang, yang tidak bisa dipisahkan di sifat alami) dan sesungguhnya sempurna bergerak tanpa kemajuan.
            Sekarang juga montir desa telah menjadi satu invetor pada benar memilikinya. dia mengombinasikan mekanis dasar prinsip pada alat canggih yaitu, pada hakekatnya, mesin awal. mereka adalah tradisional di timur tengah: mesin bubut tundukan, antara lain, yaitu salah satu perancangan klasik untuk linear pemutaran ke dalam gerak-putar. di sini perancangan tergantung, dengan mahir, pada pemutaran satu dawai membulatkan satu drum dan ikat akhir dawai untuk kedua-duanya akhir dari sejenis tongkat biola. potongan dari kayu dikerjakan terlekat pada drum; ini diarahkan oleh berpindah patuh pada dan fro, sehingga itu dawai berputar drum pegangan itu potongan dari kayu, yaitu dibuat skore oleh satu pahat. kombinasi adalah beberapa ribu tahun usia, tapi aku melihat ini terpakai oleh kepala pembuatan gipsi kaki pada satu kayu di Inggris pada 1945.
Satu mesin adalah satu alat untuk sadap kekuatan di nature.that adalah benar dari gelendong paling sederhana itu perempuan Bakhtiari bawa, serba ke bersejarah reaktor inti pertama dan semua sibuknya progency. namun sebagai yang mesin telah menyadap sumber lebih besar dari kekuatan, ini sudah tiba semakin banyak untuk mendahului penggunaan alami ini. yang ini bahwa mesin di dalamnya bentuk modern sekarang tampak ke kami satu ancaman?
Pertanyaan saat ini membentur kita bergantung pada skala dari kekuatan yang mesin dapat develope. kita dapat meletakkan ini pada bentuk dari alternatif: adalah kekuatan pada skala dari pekerjaan untuk yang mana mesin dipikirkan, atau adalah ini sehingga tidak sebanding bahwa ini dapat mendominasi pengguna dan menyimpangkan penggunaan? pertanyaan oleh karenanya jangkau jauh ke belakang; ini memulai ketika menganak-buahi pertama satu kekuatan pemanfaatan lebih besar dibandingkannya sendiri, kekuatan dari binatang. tiap-tiap mesin adalah satu semacam campuran hewan bahkan reaktor inti. peningkatan ini orang itu surplus telah memenangkan sifat alami sejak awal dari pertanian. dan oleh karenanya tiap-tiap mesin tentang menetapkan dilema asli: apakah ini menyampaikan daya yang aku tanggapi ke permintaan dari ini spesific pergunakan, atau adalah ini satu sumber organisasi inkonvensional dari daya berada di luar pembatas dengan penggunaan bersifat membangun? konflik aku skala dari kekuatan pulang serba ke perkembangan itu waktu di riwayat manusia.
Pertanian adalah seseorang bagian dari revolusi biologi penjinakan dan mengendalikan dari binatang desa adalah yang lain. urutan dari penjinakan adalah sistematis. datangi pertama anjing, barangkali bahkan sebelum 10000 BC. kemudian datangi binatang makanan, memulai dengan kambing dan biri-biri. kemudian datangi binatang campuran seperti onager, satu semacam bodoh liar. binatang menambahkan satu surplus banyak lebih besar dibandingkan mereka konsumsi. tapi yang hanya sampai bertemu kembali benar sebagai binatang tersisa sederhana pada stasiun sesuai mereka, seperti babu dari pertanian.


Kamis, 17 Maret 2011

The Ascent of Man. Part 1 Lebih rendah dari malaikat


        The Ascent of  Man

Lebih rendah dari malaikat

Manusia adalah sebuah makhluk tunggal. Manusia mempunyai satu set pemberian yang membuatnya menjadi unik diantara hewan lainnya.  Tidak seperti hewan, manusia bukanlah tokoh didalam pemandangan, dia adalah pembentuk dari suatu  pemandangan itu sendiri didalam tubuh dan pikirannya dia adalah seorang penjelajah alam sama seperti hewan, yang ada dimana-mana. yang tidak bisa didapatkan, tapi telah membuat rumahnya disetiap benua.
Dilaporkan ketika tentara spanyol telah tiba didaratan samudera pasifik pada tahun 1769, indian di California biasa mengatakan bahwa pada saat bulan purnama, ikan-ikan berdatangan dan menari di sekitar pantai. Dan itu benar bahwa ada jenis ikan local, grunion, yang datang naik keatas, keluar dari laut dan meletakkan telurnya diatas air pasang yang tinggi. Si betina akan menguburkan ekornya terlebih dahulu didalam tanah, dan si jantan akan berputar disekitar sibetina dan akan membuahi telur-telur mereka yang telah diletakkan. Bulan purnama sangat penting dalam proses pebuahan telur mereka, karena itu akan memberikan waktu kepada telur untuk menetas didalam pasir tampa terganggu, Sembilan atau sepuluh hari lagi, diantara air pasang yang tinggi ini telur-telur tersebut akan menetas,  selanjutnya pasang akan surut dan membawa bayi ikan yang telah menetas tersebut kelautan lepas lagi.       
Setiap hal yang ada di dunia ini saling membutuhkan dan adaptasi yang cocok, dimana hewan menjadi serasi dengan lingkungan dimana mereka tinggal dan akan berputar seperti roda yang selalu berputar ke satu tempat ke tempat lain dan akan kembali ke posisi semula. Seperti landak yang tidur saat musim semi dan menunggu saat musim semi berikutnya datang kembali. Kicauan burung yang mengerakkan irama di udara dan bertengger diantara bunga-bunga yang bermekaran. Kupu-kupu pun bias meniru warna daun dan mengelabui binatang buas serta predator lainnya. Lalat pun  seperti antar jemput mekanik yang didisain  seperti mesin bolak-balik.
Jadi berjuta-juta tahun evolusi telah membentuk ikan grunion untuk bisa sangat sseuai dengan pasang. Tapi alam – dalam hal ini adalah evolusi biologi – tidak memberikan kecocokan kepada manusia untuk setiap lingkungan yang spesifik. Sebaliknya sebagai perbandingan dengan ikan grunion, dia memiliki alat bertahan hidup yang agak kasar. Inilah pertentangan dalam dalam diri manusia, diantara banyaknya hewan yang berlari cepat, terbang, menimbun dirinya dan berenang disekitar kita, manusia adalah satu-satunya yang tidak terikat kepada lingkungannya. Imajinasinya, alasannya emosinya , kehalusan dan kekerasannya, memungkin manusia untuk tidak menerima lingkungan, tapi untuk merubah lingkungan mereka. Manusia dari tahun-ketahun telah membuat ulang lingkungan sekitarnya, ini adalah jenis  berbeda dari evolusi – bukan secara biologi, namun lebih ke evolusi budaya-.
          Saya menggunakan kata-kata “ascent” atau pendakian dengan pengertian yang sangat berharga. Bahwa Manusia itu sangat mulia daripada hewan lainnya. Manusia  dapat menyusun rencana, membuat penemuan, dengan meletakkan bakat yang berbeda secara bersamaan;dan penemuan baru manusia menjadi lebih tajam selama mereka belajar untuk mengkombinasikan talenta yang ada pada mereka untuk menjadi lebih berguna dan menjadi jalan yang sesuai. Jadi penemuan-penemuan manusia menjadi hebat dari waktu yang berbeda dan kebudayaan mereka yang berbeda secara teknik, secara ilmiah, secara seni, mengekspresikan kemajuan mereka untuk  menjadi sesuatu yang lebih kaya dan lebih rumit daripada kemampuan manusia untuk naik, adalah sebuah urutan terali pemberian manusia
          Di setiap umur terdapat satu titik balik, sebuah jalan baru dalam melihat dan menegaskan sebuah koherensi dari sebuah dunia. Koherensi tersebut terdiam di pulau paling selatan yang dapat memeberhentikan waktu. -dan didalam jam  abad pertengahan, di eropa suatu kali terlihat seperti mencoba mengatakan kata-kata terakhir tentang surga untuk selamanya. Setiap budaya mencoba untuk menyesuaikan saat visionernya, ketika hal itu berubah dengan sebuah konseptual baru, baik dari alam ataupun dari manusia-.
Dalam mengikuti titik poin tersebut dan meneruskannya dari kebudayaan-kebudayaan, saya akan mengikuti jejak. karena sesuatu yang menarik saya disini adalah bagaimana sejarah dari pemikiran manusia sebagai sesuatu yang tidak menutup kemungkinan  terdapat perbedaan bakat.
     Tentu saja hal ini sangat menggoda para ilmuwan – sangat menggoda bagi para peneliti - untuk mendapatkan sebuah harapan dari penemuan dan pencapaian dari pemikiran terbaru mereka. Dan seharusnya kita berbangga karena hal ini, beberapa modernisasi pun pada akhirnya dapat berjalan. Pikirkan bagaimana caranya sebuah kode hereditas (red : sebuah kode unik yang ada di DNA manusia); pikirkan bagaimana sebuah filosofi dapat memandang hingga ke Teori Relativitas, atau kelakuan beberapa menit dari atom.
Charles Darwin membuat buku The Origin of Species pada tahun 1859, dan The Descent of Man pada tahun 1871. Ini hampir terbukti bahwa mansia pertama berevolusi di Africa, didekat garis katulistiwa. Ciri-ciri daerahnya dimana evoulusi Darwin dapat dimulai adalah di savana atau padang rumput yang membentang luas di utara Kenya dan barat daya Ethiopia didekat danau Rudolf.
Cerita -cerita lama sering meletakkan kreasi manusia didalam masa keemasan, keindahan, dan pemandangan yang legendaris. Jika saya akan menceritakan cerita tentang awal mula kehidupan sekarang, saya harusnya berdiri di taman eden. Tapi ini adalah kenyataan bukan taman eden. Lalu saya berada di pusat dunia, dimana ini adalah tempat kelahiran pertama manusia, di lembah afrika timur, dekat dengan garis katulistiwa.
Hewan adalah sesuatu yang sangat mengejutkan, karena mereka hadir diluar, namun mereka  hanya mengalami perubahan sedikit dalam kehidupannya.  Disaat kami menemukan mereka di endapan (lumpur) kira-kira dua milyar tahun yang lalu dalam bentuk fosil. Fosil makhluk ini akan menjadi manusia dan kami dikejutkan perbedaan antara kerangka kita dan kerangka makhluk tersebut, dengan melihat kerangka tengkoraknya. Jadi secara alamiah kita mengharapkan bahwa hewan yang ada di padang rumput juga juga dapat berubah dengan sangat hebat.
Ketika zebra beradaptasi dengan padang rumput yang kering, hal itu akan menjadi perangkap serta menjadi ruang dimana mereka tinggal kebanyakan. Afrika dalam lima puluh tahun terakhir menetapkan karakteristik dari dimana manusia itu bermula. Sebuah kerangka bersejarah telah ditemukan di selatan khatulistiwa ditempat yang dipanggil Taung, oleh seorang anatomis bernama Raymond Dart. Kerangka ini adalah seorang bayi berumur lima sampai enam tahun, hamper semua wajahnya lengkap, namun sebagian wajahnya sangat disayangkan hilang.   Belakangan Dart pelan-pelan mengenali dua bagian yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah Faramen Magnum (sebuah lubang di tengkorak, dimana sumsum tulang belakang tersambung ke otak). Dart memanggil makhluk ini sebagai Australopithecus. Ini bukanlah salah satu nama yang saya suka, seperti : monyet dari selatan, tapi ini adalah nama yang membingungkan untuk makhluk afrika yang untuk pertama kali bukanlah sebuah monyet. Saya berpendapat bahwa Dart yang dulunya lahir di Australia, melakukan kesalahan dalam pemilihan nama makhluk ini.
Dibutuhkan lebih dari sepuluh tahun untuk menemukan tengkorak lainnya – sekarang tengkorak dewasa- tidak sampai akhir 1950  cerita tentang  Australopithecus telah di satukan. Bermula dari afkira selatan, lalu bergerak ke utara di Olduvai George di Tanzania, fossil dan perangkat lain, banyak ditemukan di cekungan danau Rudolf. Sejarah ini dalah salah satu yang paling memuaskan dalam ilmu pengetahuan.
Bagi saya bayi Australopithecus mempunyai seajaranhnya sendiri. Dan mulai dari sini saya sangat yakin untuk berpikir tentang apa yang membuat manusia menjadi dirinya. Bagaimana bisa hominids bisa menjadi jenis manusia yang saya hormati : tangkas, setia, bijkasana, bergairah, bisa memanipulasi pikiran dan symbol dari bahasa dan matematika, pandangan mengenai seni dan geometri, dan puisi dan ilmu pasti ? Bagaimana bisa pendakian manusia diletakkan mulai dari hewan yang tumbuh dan bekerja sebagai bagian dari alam, yang gemar akan pengetahuan, yang mana esay ini adalah salah satu contohnya ? saya tidak tahu bagaimana bayi dari Taung memulai hidupnya, tapi bagi saya ini masih menjadi bayi yang primer diantara petualangan manusia bermula.
Bayi, adalah bagian dari umat manusia, adalah mosaic dari hewan dan malaikat. Sebagai contoh, reflex yang membuat bayi menendang selagi berada di Rahim – setiap ibu tahu itu – itu semua ada di vertebrata. Releks itu sendiri sudah cukup unutk menjelaskan hal diatas, tapi diperlukan gerak yang rumit, yang mana gerakan ini harus sering dipelajari sebelum mereka bisa bekerja sendiri. Setelah 11 bulan bayi akan lahir. Secara bersamaan, hal ini akan membawa gerakan baru, lalu mereka akan berbaring dan mengkonsolidasikan jalur keotak (secara spesifik adalah cerebellum, dimana otot gerak dan keseimbangan berintegrasi) hal ini akan membentuk keseluruh reportoir yang halus, gerakan yang kompleks akan membawa alam kedua kepadanya. Sekarang cerebellum telah dikuasai. Lalu setelah empat belas bulan anak ini telah memasuki komitmen  dari semua manusia untuk berjalan terus. Setiap gerakan manusia kembali kepada beberapa bagian hewani kita; kita harus menjadi makhluk yang dingin dan sendiri jika kita mau terputus dari aliran darah kehidupan
Dua juta tahun yang lalu, kita belum menjadi manusia. Setelah satu juta tahun, barulah kita menjadi manusia, karena satu juta tahun yang lalu sebuah makhluk muncul yang nantinya dipanggil Homo erectus. Dia menyebar jauh keluar Afrika.  Fakta klasik mengenai ini dapat ditemukan di Cina. Dia adalah Manusia Peking, berumur sekitar empat ratus ribu tahun, dan dia adalah manusia pertama yang yang dapat menggunakan api.
Perubahan didalam Homo erectus membawa kita ke materi yang paling subtansial lebih dari satu juta tahun. Penerusnya yang paling kita ketahui dan pertama kali ditemukan  di jerman seabad lalu : kerangka fosil klasik, dia adalah manusia Neanderthal. Dia sudah mempunyai tiga cabang otak, yang besar seperti manusia modern.
Budaya manusia yang kita kenal terbentuk pada saat zaman es, dalam seratus atau mungkin lima puluh ribu tahun. Manusia bertahan dari zaman es karena kemampuannya dalam berpikir untuk mengenali penemuan - penemuan dan mengubah benda tersebut menjadi alat yang berguna bagi komunitas mereka. Ternyata zaman es sangat membantu bagi perubahan besar dalam cara manusia dapat hidup. Mereka dipaksa tergantung pada sedikit tumbuh-tumbuhan dan banyaknya hewan. Perburuan yang ketat ditepian es dapat merubah taktik dalam berburu. Alternative terbaik cara mereka berburu adalah mengikuti mereka dan jangan sampai kehilangan jejak dari buruan yang mereka incar – untuk mempelajarinya, mengantisipasi, dan pada akhirnya mengadopsi kebiasaan mereka, termasuk cara migrasi mereka.
Perbedaan genetic diantara komunitas – komunitas ada pada skala sederhana. The lapps (orang-orang adat yang tinggal di sebelah utara Swedia, Norwegia, Finlandia, dan semananjung kola di Rusia ) sudah tidak bertahan hidup secara biologis, namun dengan penemuan-penemuan mereka : dengan imajinatif menggunakan kebiasaan rusa kutub, dengan merubahnya ,menjadi hewan pekerja, dengan artifak dan kereta seluncur. Bertahan hidup di es tidak tergantung dari warna kulit; Lapps telah bertahan hidup, manusia telah bertahan hidup di zaman es, dengan bantuan penemuan terhebat pada masa itu API.
Api adalah symbol dari hati manusia, dan dari waktu Homo sapiens bermula untuk meninggalkan tanda tangan mereka tiga puluh ribu tahun yang lalu, hati tersebut adalah gua. Sekitar satu juta manusia, dalam beberapa bentuk yang dikenali, hidup sebagai penjelajah dan pemburu. Kita hampir tidak mempunyai patung dari periode prasejarah. Hanya pada saat masa itu berakhir diujung dari lembaran es eropa, kita menemukan tanda tangan berupa cap didalam gua seperti Altamira (diseuatu tempat di Spanyol dan selatan Perancis) sebuah catatan dari apa yang membuat sesuatu dapat mendominasi pikiran manusia dalam berburu. Lukisan gua, yang mana dibuat sekitar dua puluh ribu tahun yang lalu, sesuai untuk keseluruhan dasar  dari budaya manusia.
Hal yang sangat jelas untuk dikatakan adalah bahwa hewan, ditempat ini dalam pendeskripsian manusia gua itu adalah sakti. Tidak diragukan lagi bahwa itu adalah benar adanya; tapi sakti itu hanyalah sebuah kata, bukan sebuah jawaban.  Sakti adalah sebuah kata yang yang tidak dapat menjelaskan apapun. Dikatakan bahwa manusia mempercayai bahwa hewan memiliki kekuatan, tapi kekuatan apa ? kita masih ingin mengetahui kekuatan apa yang membuat para pemburu ini percaya akan apa yang mereka dapat dari lukisan yang mereka buat.
Disini saya akan memberika pandangan pribadi saya. Saya pikir kekuatan yang ditunjukkan oleh hewan tersebut adalah kekuatan mengantisipasi: kekuatan dalam hal melihat kedepan.
Para pemburu ini melihat bison, rusa, dia melihat babi hutan, rasa takut telah memberikan kepadanya; tombak untuk bertahan hidup, dengan pengalaman yang sudah dia miliki, maka ia tidak perlu takut lagi.
Seni dan ilmu pasti adalah sesuatu yang unik, diluar jangkauan dari segalanya tentang apa yang bisa hewan lakukan. Kekuatan untuk menggambarkan masa depan, untuk meramalkan mengenai apa yang akan terjadi, dan rencana apa yang dibuat untuk mencegah hal buruk itu terjadi, dan untuk menghadirkannya dalam bentuk gambar dan bergerak masuk kedalam kepala kita,  
Kita disini juga melihat menggunakan teleskop imajinasi; imajinasi tersbut adalah sebuah teleskop didalam waktu, kita melihat kembali kepada pengalaman masa lalu. Laki-laki yang yang membuat lukisan ini laki-laki yang menghadirkan, melihat melalui teleskop langsung. Mereka meihat maju bersamaan dengan pendakian manusia karena apa yang kita panggil evolusi budaya adalah hal paling mendasar dari sesuatu yang konstan, tumbuh dan melebar dari imajinasi manusia.
Manusia yang membuat senjata dan lukisan, sebenarnya mereka melakukan hal yang sama – mengantisipasi masa depan sebagai satu-satunya hal yang bisa manusia lakukan, menyimpulkan apa yang datang dari sini. Mereka adalah pemberian-pemberian yang unik didalam manusia; tapi pusat dari itu semua, akar dari setiap pengetahuan yang berkembang, terletak kemampuan untuk mengambil kesimpulan dari apa yang kita lihat sampai apa yang tidak bisa kita lihat, untuk bergerak kedalam pikiran kita melewati luar angkasa dan waktu, dan mengenali diri kita sendiri pada masa lalu sebagai bagian dari langkah maju. Seluruh gua ini, cetak tangan ini mengatakan “ Ini adalah tanda saya. Ini adalah manusia”.

SEJARAH PERKEMBANGAN MANUSIA
Evolusi manusia atau Anthripogenesis, merupakan bagian dari evolusi biologi mengenai munculnya Homo Sapiens, secara umum penemuan fosil manusia dari zaman ke zaman terbagi atas 3 kelompok, yaitu manusia kera, manusia purba, dan manusia modern.
· AUSTRALOPHITECUS (Jenis Australophitesin)
1. Australophitecus africanus
Ditemukan di desa taung di sekitar bechunaland oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak saja. Australopitecus africanus merupakan spesies hominid awal yang hidup sekitar 2-3 juta tahun yang lalu pada era pliosen. Merupakan jenis pemakan daging, dan telah dapat menggunakan perkakas dengan ditemukan batu dengan bentuk khusus yang menunjukkan bahwa batu tersebut ubtuk berburu dan untuk melawan musuhnya. Sisa fosil menunjukkan A. africanus lebih mirip manusia modern A.afarensis. A.africanus ditemukandi empat situs di Afrika Selatan- Taung (1924), Sterkfontein (1935), Maka Pansgat (1948) dan Gladysvale (1992).
2. Australophitecus anamensis
Adalah spesies dari Australophitecus. Fosil pertama spesies ini, meskipun tidak dikenali pada saat itu, namun ditemukan satu tulang langan di wilayah Kanapoy di Danau Turkana timur oleh tim Penelitian di Universitas Harvard tahun 1965
3. Australophitecus afarensis “Lucy”
Adalah seekor hominid punah yang hidup sekitar 3,9 dan 2,9 juta tahun yang lalu. Tidak jauh berbeda dangan A.africanus. A.afarensis memiliki tubuh yang ramping. Para ilmuwan mempercayai bahwa A.afarensis adalah nenek moyang dari Homo, yang juga nenek moyang dari manusia modern. Diperkirakan hidup zaman pliosen. Wilayah yang terkenal sebagai tempat fosil ini adalah Hadar Ethiopia. Di sanalah fosil “Lucy” seekor A.afarensis betina ditemukan. Tempat lain dimana fosil A.afarensis ditemukan adalah Omo, Maka, Fejej, dan Belohdelie di Ethiopia dan Koobi For a serta Lothagam di Kenya.
4. Australophitecus bahrelghazali
Adalah fosil hominin yang pertama kali ditemukan pada tahun 1993 oleh paleontology Michel Brunet, di lembah Bahr El ghazal dekat Koro Toro, Chad. Spesies ini diduga hidup 3,6 juta tahun yang lalu.
5. Australophitecus garhi
Adalah spesies gracile australophitecine yang fosilnya ditemukan pada tahun 1996 oleh Tim Penelitian yang dipimpin oleh paleontology Ethiopia, Berhane Asfaw dan Tim White, seorang paleontology Amerika.
· PARANTHROPUS
6. Paranthropus aethopicus
Adalah spesies hominid yang telah punah. Spesies ini pertama kali ditemukan pada tahun 1985 di Turkana Barat, Kenva. Fosil tersebut adalah KNM WT 17000 dan berusia hingga 2,5 juta tahun lalu. Fosil ini diperkirakan hidup pada zaman Pliosen
7. Paranthropus boisei
Awalnya disebut Zinjanthropus boisei dan kemudian di ubah menjadi Australophitecus boisei, adalah hominin awal dan di deskripsikan sebagai spesies Paranthropus terbesar. Spesies ini hidup sekitar 2,6 hingga 1,2 juta tahun yang lalu selama Pliosen dan Pleistosen di Afrika Timur. Volume otak berkisar antara 400-500 cc, ciri kekeraan selain dilihat dari volume otaknya juga dari dahi yang rendah, tulang kening yang menonjol, rahang massif dan geligi kekeraan. Kepala menggantung karena foramen magnum berada di belakang.
8. Paranthropus robustus dan Paranthropus transvaalensis
Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Afrika Selatan dengan cirri isi volule otak sekitar 600 cm Kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan ± 1,5 meter. Kedua fosil manusia kera tersebut disebut Australophitecus. Merupakan spesies homonin dan ditemukan oleh Robert Broom tahun 1938. Diperkirakan hidup pada zaman Pliocene hingga Pleistocene.
· ARDIPITHECUS
9. Ardiphitecus kadabba
Adalah senus hominin yang hidup sekitar 4,4 juta tahun yang lalu, selama zaman pliosen. Merupakan kerangka manusia yang paling tua ditemukan. Kerangka manusia purba jenis kelamin perempuan ditemukan di Ethiopia tahun 1994. Ukuran otaknya ditafsirkan sama dengan volume otak yang dimiliki simpanse, namus spesies ardi ini mempunyai lebih banyak kesamaan dengan manusia, misalnya kemampuan berdiri dengan tegak menggunakan dua kaki
10. Ardiphitecus ramidus
Merupakan spesies primate yang hidup kira-kira 4,4 juta than yang lalu di sebuah wilayah yang saat ini disebut aramis di Ethiopia, Ardy 100 tahun lebih tua dibandingkan dengan Lucy, yaitu kerangka primate tua yang lainnya ditemukan di Afrika tahun 1974. A.ramidus mempunyai tinggi 4 kaki (± 1,2 meter) serta 125 potongan rangka yang telah termasuk tengkorak kepala, gigi, tulang panggul, tangan serta tulang kaki. Hasil penganalisaan kerangka diperkirakan bobot Ardi ± 110 pounds atau ± 49 kilogram, mempunyai tangan serta jari-jari yang panjang dan memiliki gigi yang besar yang dipergunakan dalam membantunya meraih dahan pada saat ia berpindah dari pohon ke pohon.
· SAHELANTHROPUS
11. Sahelanthropus tchadensis
Fosil kera yang hidup sekitar 7 juta tahun yang lalu, spesies ini terkadang di klaim sebagai nenek moyang tertua genus homo (manusia) yang pernah diketahui. S.Tchandensis ini diperkirakan hidup zaman Miosen akhir.
· ORRORIN
12. Orrorin tugenensis
O.tugenensis dianggap sebagai nenek moyang hominin tertua kedua yang pernah diketahui dan kemungkinan berhubungan dengan manusia modern. Namanya berasal dari penemunya yang menemukan fosil di bukit Tugen, Kenya. Fosil spesies ini berusia 6,1 hingga 5,8 juta tahun yang lalu dan diperkirakan hidup zaman modern.
· MEGANTHROPUS
13. Meganthropus paleojavanicus
Adalah manusia purba tertua di jawa. Fosilnya ditemukan oleh G.H.R Von Koenigswald pada tahun 1936 dan 1941 di Sangiran (Surakarta), yaitu rahang bawah dan atas. Hal serupa juga ditemukan dengan Marks tahun 1952 berupa rahang bawah. Cirri-ciri tubuhnya kekar, rahang dan gerahamnya besar, serta tidak berdagu sehingga menyerupai kera. M.paleojavanicus hidup 2jt-1jt tahun yang lalu. Cirri lainnya memiliki tulang pipi yang tebal, bertubuh tegak dan memiliki tonjolan kening yang menonjol.
· HOMO
14. Homo habilis
H.habilis (manusia yang menggunakan tangan) adalah spesies Homo yang hidup sekitar 2,5 juta sampai 1,8 juta tahun yang lalu pada masa awal Pleistocene. Defenisi untuk spesies ini pertama kali di ungkapkan oleh Mary dan Louis Leakey, yang menemukan fosil spesies ini di Tanzania, Afrika Timur, antara tahun 1962 dan 1964. Homo habilis diperkirakan merupakan spesies dari genus Homo yang pertama kali muncul di bumi. H.habilis selain dpat menggunakanperkakas, ia juga dapat membuat alat. Ciri fisiknya mempunyai tulang kening yang tidak menjorok, kapasitas otak ± 800 cc, dan dikenal sebagai pemakan daging. Penampilan dan morfologi H.habilis memiliki berbagai kemiripan dengan semua manusia paling modern di genus homo (kecuali mungkin Homo rudolfensis).H.habilis memiliki tubuh yang pendek dengan lengan yang lebih panjang dari manusia modern. Diperkirakan spesies ini adalah keturunan dari hominid australophitesin. H.habilis memiliki cranial capacity kurang dari setengah kapasitas manusia modern. Meskipun masih memiliki bentuk seperti kera, H.habilis diperkirakan telah mampu menggunakan peralatan batu di sekitar fosil mereka, misalnya peralatan yang ditemukan di Olduvai gorge, Tanzania, dan danau Turkana Kenya. H.habilis diduga adalah nenek moang dari H.ergaster, yang kemudian menurunkan spesies lain yang memiliki bentuk tubuh seperti manusia, H.erctus.
15. Homo rudofensis
Adalah fosil spesies hominin yang diteukan oleh Bernard Ngeneo, anggota tim yang dipimpin oleh antropolog Richard Leakey dan Zoolog Meave Leakey tahun 1972 di Koobi For a pada bagian timur danau Rudolf (kini danau Turkana) di Kenya. Nama ilmiah Hrudolfensis diusulkan pada tahun 1986 oleh V.P Alexeev untuk specimen skull 1470 (KNM ER 1470). Skull 1470 berusia sekitar 1,9 juta tahun. Diperkirakan hidup pada zaman Pliocene.
16. Homo ergaster
Adalah spesies hominin yang telah punah yang hidup di afrika timur dan selatan antara 1,9 hingga 1,4 juta tahun yang lalu pada era Pleistocene dan pendinginan iklim global.
17. Homo georgicus
Adalah spesies hominin yang ditemukan di Dmanisi, Georgia tahun 1999 dan 2001 yang diduga menjadi perantara antara H.habilis dan H.erectus. fosil ini berusia 1,8 juta tahun lalu dan diperkirakan hidup zaman Pleistocene.
18. Homo erectus
H.erectus (manusia yang berdiri tegak) adlah spesies yang telah punah dari genus Homo. H.erectus telah dapat membuat alat untuk berburu, yang kualitasnya lebih baik daripada yang dibuat H.habilis. bahkan jenis ini telah mengenala api. Volume otaknya antara 700-900 cc. Pakar anatomi Belanda Eugene Dubois (1980an) pertama kali menggambarnkannya sebagai sebagai Pithecanthropus erectus berdasarkan fosil tempurung kepala dan tulang paha yang ditemukan di Trinil, jawa tengah. Pada awal abad itu, setelah ditemukannya fosil di Jawa dan Zhoukoudian, para ilmuwan mempercayai bahwa manusia modern berevolusi di Asia. Hal ini bertentangan dengan teori Charles Darwin yang mengatakan baha manusia modern berasal dari Afrika, namun pada 1950-an dan 1970-an beberapa fosil yang ditemukan di Kenya, Afrika Timur, ternyata menunjukkan bahwa hominis memang berasal dari benua Afrika. Sampai saat ini para ilmuwan mempercayai bahwa H.erectus adalah keturunan dari makhluk mirip manusia era awal seperi Australophitecus dan keturunan spesies Homo awal seperti H.habilis.
H.erectus dipercaya berasal dari Afrika dan bermigrasi selama masa Pleistocene awal sekitar 2,0 juta tahun yang lalu, dan terus menyebar ke seluruh dunia lama hingga mencapai Asia Tenggara.
Tulang-tulang yang diperkirakan berumur 1,8 dan 1,0 juta tahun yang lalu yang telah ditemukan di Afrika (Danau Turkana, dan Oduvai Gorge), Eropa (Georgia), Indonesia (Sangiran, Trinil, Sambung Macan dan Ngandong; semuanya di tepi Bengawan Solo, dan Tiongkok (Shanxi). H.erectus menjadi hominin terpenting mengingat bahwa spesies inilah yang pertama kali meninggalkan benua Afrika.
19. Homo cepranensis
H.cepranensis adalah nama yang diusulkan untuk spesies hominin yang ditemukan pada tahun 1994. Fosilnya ditemukan oleh arkeolog Italo Biddita dan dijuliki “Manusia Ceprano” berasal dari kota terdekat di provinsi Frosinone 89 kilometer sebelah tenggara Roma, Italia.
20. Homo antecessor
Adalah spesies hominin yang telah punah. Spesies ini di duga hidup 1,2 juta hingga 800.000 tahun yang lalu. Fosil spesies ini pertama kali ditemukan oleh Eudald Carbonell, J.L Arsuaga dan J.M Bermudez de Castro. Diperkirakan hidup pada zaman Pleistocene Awal.
21. Homo heidelbergensis
Adalah spesies pada genus homo yang telah punah yang mungkin merupakan nenek moyang langsung H.neanderthalensis di Eropa. Bukti yang ditemukan mengenai H. heidelbergensis berusia 600.000 hingga 400.000 tahun yang lalu. Diperkirakan hidup pada zaman Pleistocene.
22. Homo rhodesiensis
Adalah spesies hominin yang di deskripsikan dari fosil manusia Rhodesian. Sisa fosil mereka berusia 300.000 hingga 125.000 tahun yang lalu pada zaman Pleistocene. Fosil spesies ini ditemukan pertama kali pada tahun 1921 oleh Tom Zwiglaar di Rhodensia utara (kini Kabwe,Zambia)
23. Homo neanderthalensis
Neanderthal adalah anggota genus homo yang telah punah dan berasal dari zamanPleistocene. Spesimennya ditemukan di Eropa dan Asia barat dan Tengah. Neanderthal dapat diklasifikasikan sebagai subspecies manusia (Homo sapiens neanderthalensis) atau spesies yang berbeda (homo Neanderthalensis). Jejak pertama Proto-Neanderthal pertama muncul di Eropa 600.000-350.000 tahun yang lalu.
24. Homo sapiens idaltu
Adalah subspecies Homo sapiens yang telah punah. Spesies ini hidup 160.000 tahun yang lalu pad zaman Pleistocenen di Afrika. Idaltu adlah kata dalam bahasa Afar. Fosil Homo sapiens idaltu ditemukan di segitiga afar tahun 1997 oleh Tim White.
25. Homo floresiensis
H,floresiensis (manusia Flores, dijuluki Hobbit) adalah nama yang diberikan kelompok peneliti untuk spesies dari genus homo, yang memiliki tubuh dan volume otak kecil, berdasarkan serial subfosil (sisa-sisa tubuh yang belum sepenuhnya mebatu) dari 9 individu yang ditemukan di Liang Bua, pulau Flores pada tahun 2001. Kesembilan sisa –sasa tulang itu diberi kode (LB1-LB9) menunjukan postur paling tinggi sepinggang manusia modern (sekitar 100 cm). Para pakar antropologi dan Tim gabungan Australia dan Indonesia berargumen menggunakan berbagai cirri-ciri baik ukuran tengkorak, ukuran tulang, kondisi kerangka yang tidak memfosil, serta temuan-temuan sisa tulang hewan dan alat-alat sekitarnya. Usia seri kerangka ini diperkirakan berasal dari 94.000 hingga 13.000 tahun yang lalu.
26. Homo sapiens (Cro Magnon)
Merupakan Homo sapiens tertua dari jenis sapiens. Hidup di zaman Pleistocene. Ditemukan di Gua Cro-Magnon, Lascaux Perancis.
27. Homo sapiens sapiens
Adalah manusia modern yang ditemukan hidup hingga saat ini
· KENYANTHROPUS
28. Kenyanthropus platyops
K.platyops adalah spesies homonin berusia 3,5 hingga 3,2 juta tahun yang lalu dan telah punah. Fosil seperti ini pertama kali ditemukan di Danau Turkana pada tahun 1999 oleh Justus Erus, yang merupakan bagian dari Tim Meave Leakey. Diperkirakan hidup pada zaman Pliosen.
· SINANTHROPUS
29. Sinanthropus pekinensis
Adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua Naga daerah Peking Negara China oleh Davidson Black dan Franz weidenreich. Tubuhya memiliki cirri mirip Pithecanthropus karena berada pada zaman yang sama. S.pekinensis memiliki volume isi otak ± 900-1200 cm kubik.
· MANUSIA MODERN JENIS HOMO LAINNYA
30. Manusia Swanscombe, yang berasal dari Inggris
31. Manusia Shanidar, fosil yang dijumpai di Negara Irak.
32. Manusia Gunung Carmel, ditemukan di Gua-gua Tabun serta Skhul Palestina
33. Manusia Steinheim, yang berasal dari Jerman.

Refrensi :
http://www.lintasberita.com/Entertainment/Sains/sejarah-perkembangan-manusia
      http://en.wikipedia.org/wiki/Main_Page